alexametrics
Ramadan di Amerika Serikat

Iftar Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Dihadiri Konjen RI New York

Ramadan Bersama KJRI New York
3 Mei 2021, 23:31:42 WIB

JawaPos.com – Nusantara Foundation di lokasi rintisan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Kota Moodus, Connecticut, AS, menggelar buka bersama atau iftar pada Sabtu (1/5). Acara tersebut turut dihadiri Konsul Jenderal RI New York, Arifi Saiman, beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI New York, Kompol Endang Wahyu Kinasih, dan staf. Kompol Endang merupakan istri dari Arifi Saiman.

Selain dihadiri oleh warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Connecticut dan New York, iftar juga dihadiri oleh warga lokal yang tinggal di sekitar lokasi Pesantren, baik mereka yang Muslim maupun non-Muslim. Acara berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pendiri dan Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali mengatakan bahwa selain sebagai community gathering, acara iftar ini merupakan bagian dari upaya “outreach” untuk memperkenalkan keberadaan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani kepada masyarakat lokal serta sebagai bagian dari dakwah yang menampilkan keramahan umat Islam.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI New York Arifi Saiman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan iftar yang mengundang para tetangga warga lokal non-Muslim.

“Amerika Serikat merupakan contoh dimana umat beragama dapat hidup berdampingan secara damai. Untuk itu, saya berharap Pesantren Nur Inka Nusantara Madani dapat menjadi jembatan antara komunitas Islam, khususnya komunitas Islam Indonesia, dengan komunitas lokal di Amerika Serikat”, ujarnya.

Pesantren Nur Inka Nusantara Madani merupakan pesantren rintisan Nusantara Foundation yang berdiri di tanah seluas 10 hektar di kota Moodus, Connecticut, sekitar 200 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota New York. Apabila telah beroperasi, pesantren ini akan menjadi sarana dakwah dan pengenalan Islam yang rahmatan lil-alamin, yang merupakan karakter dasar Islam yang dipraktikkan di Indonesia.

Editor : Edy Pramana

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads