alexametrics

Catat, Inilah Pengertian Zakat Fitrah, Waktu Terbaik, dan Syaratnya

3 Mei 2021, 18:51:37 WIB

JawaPos.com – Menunaikan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu di bulan Ramadhan. Jika mampu secara finansial, namun sengaja menimbun hartanya, maka akan ada balasan dari Allah sesuai firman dalam surat At-Taubah ayat 34:

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.”

Melansir dari Dompet Dhuafa, pengertian zakat fitrah merupakan bagian dari rukun Islam yang keempat, Zakat bertujuan untuk menyucikan jiwa, membersihkan harta, dan melengkapi ibadah puasa Ramadhan. Ketentuan kadar zakat fitrah dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim yang menyebutkan bahwa umat muslim mampu wajib membayar zakat fitrah sebesar 1 sha kurma atau 1 sha gandum.

“Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan atas orang-orang sebesar 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum, wajib atas orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki dan perempuan, dari kaum muslimin.”

Berdasarkan praktiknya di Indonesia, setiap balita hingga orang dewasa wajib zakat fitrah sebesar 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras. Jika diganti uang, maka wajib bayar sesuai harga 2,5 kg beras per individu tanggungan.

Waktu Terbaik dan Terburuk Zakat Fitrah

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads