alexametrics
Kembali ke Fitrah

VP PR KAI Joni Martinus, Rayakan Lebaran Sambil Jalankan Tugas

2 Mei 2022, 14:15:32 WIB

JawaPos.com – Hari raya Lebaran pada umumnya menjadi momen berkumpul bersama keluarga besar dan sanak saudara. Namun, hal berbeda harus dilakukan oleh para pejabat pelayanan publik. Pada hari yang Fitri. ini waktu kebersamaan bersama keluarga tidak dapat berlangsung seharian.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, momentum kebersamaan bersama keluarga di hari raya Lebaran berlangsung singkat. Sebab, dirinya harus menjalankan tugas dan peran lain sebagai petugas yang melayani masyarakat luas.

Joni mengungkapkan, pada hari pertama Idul Fitri, dirinya berkumpul bersama keluarga inti. Setelah itu, bapak dari lima anak ini mengunjungi orang tua dan keluarga besar. Namun, Ia tak dapat berlama-lama bercengkrama. Sebab, Ia mengembang tugas penting untuk memastikan perjalanan masyarakat yang menggunakan kereta api berjalan lancar.

“Hari pertama kumpul bersama keluarga, sungkem sama orang tua dan anak, isteri. Saat ini posko lebaran berlangsung di KAI, saya pulang di hari H-nya saja lalu ke posko lagi,” kata Joni kepada JawaPos.com, Minggu (1/5).

Joni menyebut, ada tradisi Lebaran yang kerap dilakukan setiap tahunnya. Selain makan bersama dengan menu ketupat dan berbagi angpau ke para keponakan yang masih kecil, Ia bersama keluarga juga berziarah ke makam Ayahanda yang telah tiada.

“Makan bareng, ada kebiasaan makan bareng ketupat bareng, bagi-bagi rezeki angpau. Lalu ziarah bapak sudah meninggal jadi paling ke makam bapak,” tuturnya.

Joni menambahkan, makna Ramadan dan perayaan kemenangan di hari yang Fitri ini lebih berdinamika. Jika sebelumnya Ramadan dua tahun lalu tidak menjalankan tugas karena kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah, kini momen Lebaran juga diisi oleh tugas penting. “Seperti saya harus bisa melayani masyarakat,” ucapnya.

Namun, perizinan mudik kali ini perlu disambut dengan suka cita. Sebab, Ramadan kali ini kita semua dapat berkumpul merayakan Lebaran dengan orang-orang tercinta.

“Jauh lebih dalam di masa pandemi. Bisa kumpul tak hanya keluarga sekarang bisa dengan sahabat juga. Memang sudah menjadi hal yang lumrah di kereta api itu. Artinya tetap melaksanakan tugas dan pemantauan selama lebaran,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads