alexametrics

Hari Raya Idul Fitri, Wali Kota Ali Maulana Nikmati Lengangnya Jakarta

2 Mei 2022, 13:13:07 WIB

JawaPos.com – Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga dan sanak saudara seperti masyarakat pada umumnya di hari raya Lebaran. Pada hari yang Fitri ini, Ia menjadikan momentum hari kemenangan umat muslim dengan bercengkrama bersama keluarga besar.

“Biasanya memang tiap lebaran kita pasti siap-siap salat Id bareng-bareng kumpul keluarga. Lalu ke rumah kedua orang tua dulu, lalu keluarga lainnya pada dateng,” kata Ali Maulana Hakim kepada JawaPos.com, Minggu (1/5).

Meskipun Ali merupakan warga asli Jakarta, dia tidak mengadakan open house di rumahnya untuk masyarakat umum. Sehingga, kegiatan mudik yang biasa dilakukan oleh masyarakat lainnya, tidak bagi Ali.

“Hari berkumpulnya keluarga, open house khusus keluarga, nggak kemana-mana karena kita nggak pulang kampung. Semua keluarga di Jakarta jadi beda. Orang tua, saudara kandung, ada disini,” jelasnya.

Ali melanjutkan, pada hari kedua, biasanya Ia menerima kunjungan dari teman-teman dan sahabat. Lalu, siang harinya Ia dan keluarga berkeliling memburu kuliner yang ada di Jakarta.

“Biasanya hari kedua ada tamu dari teman-teman. Biasanya sudah agak kosong mulai kulineran. Menikmati kota Jakarta yang Lengang. Orang-orang pada mudik nggak macet, kita santai-santai, ke tempat pusat perbelanjaan kan ngga macet tuh kayak normal,” ungkapnya.

Ali menyebut, makna Lebaran di bulan suci Ramadan merupakan hari kemenangan umat muslim setelah selama sebulan menjalankan ibadah. Dalam menjelaskan ibadah ini, memerlukan kerjasama tim dan dukungan keluarga.

“Lebaran itu evaluasi selama sebulan. Makna Idul Fitri bagi keluarga, sama-sama saling mengingatkan antara anak dan saya orang tuanya. Saling mengingatkan ketika sahur orang tua bangun duluan, bangunin anak. Ketika salat Ied nanti saya kesiangan, dibangunin anak,” jelasnya.

Ali mengaku, selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan, Ia bersama keluarga selalu melaksanakan salah tarawih bersama-sama. “Tarawih terus, Idul fitri adalah keberhasilan team work. tim kita bagus berlima. Menang untuk menunaikan ibadah-ibadah penting di bulan suci Ramadan,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads