alexametrics

Pastikan Semua Terangkut, Menko PMK Harap Pemudik di Merak Bisa Sabar

1 Mei 2022, 11:15:33 WIB

JawaPos.com – Kemacetan parah sempat terjadi di sekitar Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Antrean kendaraan mencapai pintu tol Merak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, berdasarkan data penumpang di pelabuhan Merak memang meningkat drastis, sudah lebih dari 28.000 orang. Dia memastikan seluruh penumpang akan terangkut.

“Semua pasti akan diangkut. Karena itu saya mohon sabar untuk menunggu dan menjaga ketertiban. Jangan mudah terpancing karena suasana pasti tidak kondusif,” kata Muhadjir kepada wartawan, Minggu (1/5).

Muhadjir mengatakan, kemacetan terjadi akibat lonjakan jumlah penumpang yang luar biasa. Sehingga antrean masuk kapal tidak bisa terelakan.

“Tahun ini terjadi lonjakan penumpang yang luar biasa. Peningkatan penumpang sekitar 20 persen dibandingkan tahun 2019,” imbuhnya.

Untuk mempercepat penguraian pemudik, semua pihak termasuk kepolisian dan PT ASDP Indonesia Ferry sudah melakukan berbagai cara. Seperti Polres Cilegon yang menerjunkan sekitar 1.000 personel untuk mengatur lalu lintas pemudik dari hingga di Pelabuhan Merak.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: