JawaPos Radar | Iklan Jitu

Gagal Ginjal Mengintai Karena Gaya Hidup, Segera Lakukan Pemeriksaan

17 Maret 2019, 17:40:33 WIB
penyakit ginjal kronik, pemeriksaan ginjal,
Ilustrasi penyakit ginjal. Untuk mengetahui penurunan fungsi ginjal dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah dan urin. Terutama bagi seseorang dengan riwayat keluarga berpenyakit ginjal. (National Kidney Foundation)
Share this

JawaPos.com - Pola hidup sehat seperti memilih pola makan, banyak minum air putih, istirahat cukup, dan olahraga teratur merupakan pilar utama untuk mencegah penyakit degeneratif. Penyakit akibat gaya hidup seperti gagal ginjal disebabkan karena belum sadarnya masyarakat untuk mencegah sejak dini.

Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) dr. Aida Lydia, PhD., Sp.PD-KGH, menegaskan penting bagi masyarakat untuk ikut berperan aktif memerangi bahaya penyakit ginjal. Kementerian Kesehatan telah menyelenggarakan berbagai program yang melibatkan masyarakat seperti Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Posyandu, program imunisasi dan lain-lain.

Hal-hal sederhana yang bisa dilakukan masyarakat untuk terhindar dari penyakit ginjal antara lain tetap aktif dan bugar.  Dengan cara teratur berolahraga minimal 30 menit sehari 5 kali dalam seminggu serta makan makanan sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu, mengurangi konsumsi garam, menjaga tubuh tetap terhidrasi baik dengan minum air putih yang cukup, dan menjaga berat badan tetap ideal.

"Tentunya rajin memeriksakan kesehatan meliputi pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan fungsi ginjal, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ginjal," tegasnya dalam konferensi pers Hari Ginjal Sedunia baru-baru ini.

Untuk pemeriksaan fungsi ginjal, kata dr. Aida, penting dilakukan untuk mengidentifikasi adanya penyakit ginjal sejak dini agar penatalaksanaan yang efektif dapat diberikan. Untuk mengetahui penurunan fungsi ginjal dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah dan urin. Pemeriksaan darah dengan melihat kadar kreatinin, ureum, Laju Filtrasi Glomerulus (LFG). Pemeriksaan urin dengan melihat kadar albumin dan sel darah merah.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : Marieska Harya Virdhani

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini