JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hotel Terkecil di Dunia dari Gurun Jordania

26 Oktober 2017, 18:01:06 WIB | Editor: Dwi Shintia
Hotel Terkecil di Dunia
SANG PEMILIK: Mohammed Al Malaheem duduk di depan hotelnya. (Anas Al Rawashdeh/Mohammed Al Malaheem via CNN)
Share this

JawaPos.com – Sebagian besar dari kita akan menyingkirkan atau menjual mobil yang sudah tua dan reyot. Namun, tidak untuk Mohammed Al Malaheem. Lelaki 64 tahun itu mengubah VW Beetle tua usang miliknya menjadi hotel yang di klaim sebagai hotel terkecil di dunia.

Lelaki yang akrab dipanggil Abu Ali itu menyatakan, meski hotelnya sederhana banget, tapi para tamu yang tidur di hotel yang berada di Al Jaya, salah satu desa di padang pasir Jordania, itu akan menikmati pengalaman bintang lima.

Hotel Terkecil di Dunia
SENTUHAN MANIS: Bagian dalam hotel. (Anas Al Rawashdeh/Mohammed Al Malaheem via CNN)

”Desa ini adalah tanah air saya, saya lahir di sini, saya dibesarkan di sini, saya tinggal di sini,” katanya. ”Saya ingin memulai sebuah proyek yang memperbaiki kondisi desa ini. Saya akan menjadikannya lokasi wisata. Karena di sini benar-benar memiliki pemandangan yang indah,” sambungnya.

Al Jaya yang berada dekat Al Shoubak, sudah banyak ditinggalkan penduduknya untuk merantau. Desa tersebut memiliki benteng Montreal dari abad ke-12.

Hotel Terkecil di Dunia
PEMANDANGAN SEKITAR: Gurun pasir dan jalan raya yang sepi jadi view untuk tamu. (Anas Al Rawashdeh/Mohammed Al Malaheem via CNN)

Para wisatawan yang datang ke daerah tersebut sudah mendatangi hotel VW milik Abu Ali sejak dia membuka layanannya setelah pensiun pada 2011. Dilengkapi seprei dan bantal bersulam dan dihasi manik-manik buatan tangan putrinya, Abu Ali mengklaim menginap semalam di hotelnya sangat nyaman. ”Setara dengan malam di hotel bintang lima,” katanya.

Hasrat Abu Ali untuk mengembangkan desanya sangat kuat. Dia sampai mengambil pinjaman bank untuk mendirikan lobi hotel di dalam gua di dekatnya. Namanya Baldwin's Grotto. Nama itu terinspirasi Baldwin I dari Yerusalem, yang membangun istana Montreal pada tahun 1115.

Hotel Terkecil di Dunia
INI LOBI: Bangunan ini sebenarnya gua yang diubah menjadi lobi hotel. (Anas Al Rawashdeh/Mohammed Al Malaheem via CNN)

Di lobi hotel itu ada layanan pemesanan kopi dan kudapan tradisional Jordanian. Ada juga kios kecil yang menjual souvenir seperti barang antik, perhiasan, batu permata, miniatur tembaga, dan artefak bersejarah, yang dapat dibeli oleh para tamu hotel pada akhir kunjungan mereka.

Meskipun maksimal hanya bisa berisi dua orang. Abu Ali mengatakan bahwa dia telah menerima pengunjung dari seluruh dunia - di antaranya VIP. Room service-nya antara lain sarapan ala Jordania atau makan siang yang disiapkan dan disajikan dengan cara Badui tradisional oleh istrinya, Um Ali, dan anak-anak perempuannya. Biayanya USD 56 (setara Rp 760 ribu).

Hotel Terkecil di Dunia
PENGUNJUNG SUKA: Papan tulis yang penuh dengan kartu nama dan ucapan terima kasih. (Anas Al Rawashdeh/Mohammed Al Malaheem via CNN)

Bagaimana tanggapan para tamu? Yang jelas, isi buku tamu Abu Ali sudah penuh. Dia memiliki papan tulis yang penuh berisi kartu-kartu nama dari seluruh dunia. Ada juga catatan dari pengunjungnya. Dan semua mengatakan akan kembali lagi secepatnya. Tanggapan mereka sangat manis dan baik. (*)

(tia/CNN/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up