JawaPos Radar | Iklan Jitu

Elvis Barksley, Alaskan Malamute yang Imut Hobi Ngemil Es Batu

25 Oktober 2017, 22:04:39 WIB | Editor: Dwi Shintia
Elvis Barksley si Alaskan Malamute
SI MANJA YANG PENURUT: Stevany bersama Elvis Barksley, anjing Alaskan malamute-nya yang kini sudah punya 141 ribu pengikut di Instagram. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Siapa yang tidak gemas melihat tampang innocent anjing Alaskan malamute satu ini? Meski berpostur besar, doggy bernama Elvis Barksley ini sangat manja sekaligus penurut. Elvis punya kebiasaan-kebiasaan unik. Apa itu?

Deskripsi yang tertera di akun Instagram @elvis.barksley itu memang cocok menggambarkan makhluk berkaki empat kesayangan Stevany tersebut. Sang ’’mommy’’ sering mengunggah ekspresi dan tingkah lucu Elvis yang punya lebih dari 141 ribu pengikut.

Berbeda dengan kebanyakan Alaskan malamute yang bertampang gagah, Elvis nggak gahar sama sekali. Raut wajah yang beda itu bikin orang mudah mengenalinya dan membuatnya kebanjiran penggemar. Apalagi kalau ia sudah mempraktikkan posisi favoritnya. Gelesotan di lantai sambil memberikan tatapan polos.

Misalnya, sore itu ketika anjing jantan berbulu abu-abu dan putih tersebut anteng menunggui Stevany yang diwawancara. Vany, sapaan Stevany, bercerita bahwa Elvis bersamanya sejak usia 3 bulan. ’’Sekarang ia berumur 1 tahun 8 bulan,’’ kata istri Ivan Kurniawan tersebut.

Sebelumnya, perempuan 25 tahun itu memelihara anjing Alaskan yang merupakan saudara satu induk dengan Elvis. ’’Namanya Jarvis. Sayangnya, baru 25 hari, ia mati karena sakit,’’ kenangnya. Itulah yang membuat Vany dan suami memberikan nama tidak jauh beda dengan anjing sebelumnya.

Sejak remaja, Vany memang naksir berat dengan Alaskan malamute. ’’Pernah lihat orang bawa Alaskan gede banget, terus di sebelahnya ada anjing pom pom yang mungil. Wih, keren nih. Dalam hati bertekad, suatu saat harus punya Alaskan,’’ ujar perempuan yang tinggal di Bekasi tersebut.

Merawat anjing trah besar, tutur Vany, harus memperhatikan beberapa hal berikut. Bagian kaki bertugas menopang beban tubuh yang berat. Jadi, ia tidak bisa terlalu banyak berada di lantai licin seperti ubin atau vinil. Ia lebih nyaman berada di taman, rumput, atau jalanan beraspal. Tentu, sebelumnya pastikan jalanan yang dilalui si doggy tidak terlalu panas. Saat berada di rumah, anjing besar lebih banyak tidur dan istirahat.

Mengenai suhu, Alaskan malamute yang berasal dari daerah dingin ketika dipelihara di negara-negara tropis bisa menyesuaikan diri. Hanya, karena berbadan besar dan berbulu tebal, ia lebih mudah merasakan panas. ’’Elvis di suhu ruangan nyaman, di kamar ber-AC pun nyaman,’’ tutur Vany.

Kalau cuaca lumayan terik dan Elvis kegerahan, tinggal dikasih minum air es supaya adem. Nah, ini salah satu lucunya Elvis. ’’Ia doyan banget es batu, dikunyah kayak makan kerupuk,’’ ungkap Vany, lantas tertawa.

Selain es batu, Elvis suka ngemil buah. Apel atau pir dipotong-potong, lalu nanti dimakan Elvis. ’’Kadang, kalau bikin jus, saya juga bagi buat Elvis,’’ jelas Vany.

Elvis penurut. Ia terlihat amat sayang dengan Vany. Saat berada di keramaian, mata Elvis tidak bisa lepas dari Vany. Begitu dipanggil, Elvis langsung menoleh dan mendekat ke arah Vany. Kuncinya, training yang intens. ’’Sejak kecil, ia 24 jam sama aku. Terus dilatih setiap hari,’’ terangnya.

Apa saja yang diajarkan? ’’Basic obedience. Orang biasanya cenderung lebih takut sama anjing besar. Makanya, Elvis harus lebih patuh. Apalagi ketika berada di tengah banyak orang,’’ tutur Vany. ’’Anjing yang benar-benar dirawat dengan kasih sayang dan mendapat pelatihan yang tepat memiliki temperamen yang beda dengan yang sekadar dipelihara,’’ tambah Vany.

Elvis cenderung tenang. Ia semangat saat bermain, tetapi setelahnya kembali tenang, tidak banyak menyalak, tidak rusuh, dan sangat manis. Ia juga manja. ’’Elvis paling suka kalau perutnya dielus kayak gini,’’ ucap Vany sembari mengusap perut Elvis yang meresponsnya dengan tatapan yang sanggup melelehkan hati. (*)

nor/c14/ayi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up