JawaPos Radar | Iklan Jitu

Semangat Kartini, WITT: Perempuan Indonesia Lebih Anggun Tanpa Rokok

19 April 2018, 09:57:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Semangat Kartini, WITT: Perempuan Indonesia Lebih Anggun Tanpa Rokok
Para narasumber di Health and Beauty Talkshow di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (18/4). (Muhammad Hafidh/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tak hanya kaum laki-laki, saat ini tidak sedikit para perempuan yang ikut mengisap rokok secara aktif. Faktor lingkungan dan gaya hidup masih menjadi alasan kuat para perempuan merokok.

Melihat kenyataan tersebut, sebuah kampanye yang diprakarsai oleh asosiasi Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dibuat untuk memberikan penyuluhan kepada perempuan agar terbebas dari rokok. Diharapkan melalui gerakan ini, perempuan memiliki kesadaran penuh untuk menjauhi barang addict tersebut. Sebab rokok memiliki sifat candu yang merugikan semua kalangan baik dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Bertepatan dengan Hari Kartini, Nafsiah Mboi selaku ketua umum WITT megungkapkan perempuan Indonesia sudah saatnya dapat menghargai diri sendiri, salah satunya menjauhi rokok. Sebab, selain merusak kesehatan, rokok akan membunuh karakter perempuan sebagai sosok yang anggun dan mandiri layaknya RA.Kartini.

"Sejatinya Tuhan itu menciptakan perempuan sebagai sosok yang cantik. Namun apabila menghisap rokok, cantiknya akan memudar. Kenapa? Perempuan perokok itu bau, bajunya, rambutnya, dan mulut bau. Perempuan yang merokok pasti  mudah gelisah," ujar Nafsiah Mboi, ketua umum WITT saat acara Health and Beauty Talkshow di Plaza Indonesia, Jakarta Rabu (18/4).

Pihaknya menjelaskan perempuan kelak harus menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya. Untuk itu ia harus menunjukkan perilaku yang baik agar generasi penerus menjadi pribadi yang unggul bebas dari tembakau. Salah satu langkah konkritnya adalah memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok kepada masyarakat dan mengajak untuk menjauhinya.

"Mengerti saja tidak cukup, sebagian besar karena mereka latah dan akhirnya kecanduan. Saat candu maka susah untuk berhenti, mereka sadar bahwa merokok akan membuat kulit jadi kendur, gigi menguning, bau nafas gak enak. Jika berhenti, maka kecanduan lagi," lanjutnya.

Rokok mengandung zat nikotin berbahaya yang memberikan efek candu bagi pemakainya, untuk itu diperlukan niat dan tekad bulat agar bisa berhenti. Caranya bisa melibatkan keluarga dan teman terdekat untuk selalu mengingatkan dan menegur.

Selain itu harus didukung dengan konsumsi makanan sehat seperti rajin minum air putih, perbanyak makan buah dan camilan ringan yang bisa mengalihkan dari rokok. Tak hanya itu para pecandu juga sebaiknya menjauhi lingkungan yang berpotensi akan memberikan godaan besar.

"Perempuan jangan takut untuk menegur siapa saja yang merokok, karena asapnya sangat menggangu kesehatan orang disekelilingnya. Sudah saatnya kita mendapatkan hak untuk sehat dan cantik," pungkasnya.

(fid/JPC)

Alur Cerita Berita

Inspirasi Kartini untuk Perempuan Masa Kini 19 April 2018, 09:57:59 WIB
5 Kartini di Sepak Bola Indonesia Masa Kini 19 April 2018, 09:57:59 WIB
Tegas Ambil Keputusan dengan Naluri Keibuan 19 April 2018, 09:57:59 WIB
Kartini Masa Kini Harus Utamakan Pendidikan 19 April 2018, 09:57:59 WIB
Hasiati Perempuan Gatot Kaca Zaman Now 19 April 2018, 09:57:59 WIB
3 Kartini Masa Kini Versi Christine Hakim 19 April 2018, 09:57:59 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up