JawaPos Radar | Iklan Jitu

Desember, Seasonnya Oplas Wajah di Korea Selatan

16 Desember 2017, 01:00:59 WIB | Editor: Dwi Shintia
Myeongdong, Korea Selatan.
HITS: Kawasan Myeongdong di Seoul, Korea Selatan. (Pixabay)
Share this

JawaPos.com - Para penghobi drakor sejati, pasti sudah notice dengan beberapa spot yang sering dijadikan lokasi syuting K-drama. Sebut saja, Nami Island yang legendaris berkat Winter Sonata itu.

Tak heran bila pariwisata Korea Selatan terus menggeliat sebab pemerintah memafaatkan popularitas K-drama dengan baik. Blogger kaoskakibau.com yang juga pemerhati K-drama Atmi Ahsani Yusron memberikan beberapa point soal efek K-drama dalam geliat pariwisata Korea Selatan.

Wisata K-Beauty
Sudah bukan rahasia lagi bila Korea Selatan terkenal dengan operasi plastik (oplas). Bahkan, wisata K-beauty, sebutan untuk oplas atau sekadar belanja kosmetik punya high season sendiri. Untuk oplas, yaitu pada musim dingin (Desember hingga Februari). Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Semua itu dilakukan supaya punya wajah mirip bintang Korea. Hmmm.. tertarik?

Wisata K-drama
Travel dari Korea Selatan dan beberapa negara menawarkan paket khusus untuk menikmati spot syuting K-drama. Terhitung sejak menjamurnya wisatawan asing ke Nami Island. Pulau buatan yang terletak di wilayah Chuncheon-si, provinsi Gangwon-do tersebut digunakan sebagai lokasi syuting Winter Sonata (2002).

Sejak itu, pemerintah melalui Menteri Pariwisata mulai membuat banyak tempat wisata yang digunakan sebagai lokasi syuting. Misalnya nih, sekarang banyak juga yang penasaran sama Petite France yang digunakan lokasi syuting Beethoven Virus, Secret Garden, dan Man From Another Star.

Tempat Biasa jadi Viral
Tidak perlu di tempat wisata. Tempat biasa di Korea Selatan, yang sering kelihatan di K-drama, pasti mengundang rasa penasara penikmat drakor. Walaupun sebenarnya tempatnya itu sangat biasa. Misalnya di sudut jalan tertentu, atau depan toko tertentu.

Tapi bisa jadi viral dan ujung-ujungnya ramai didatangi wisatawan karena penasaran. Salah satu contohnya, Gwanghwamun Sejong Square yang terletak di jantung kota Seoul ini sebenarnya hanya sebuah patung atau tugu biasa. Namun karena seringnya masuk K-drama, tempat ini beberapa kali menjadi viral!

Komplek Digital Media City
Bila ke Seoul, kita bisa menemukan semua media televisi yang juga memproduksi K-drama di satu tempat, yaitu di Digital Media City yang terletak di distrik Sangam. Salah satu media adalah Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) yang telah memproduksi K-drama populer.

Dari Jewel in the Palace atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan Dae Jang Geum, We Got Married, The Moon that Embraces the Sun. Istimewanya, MBC baru saja membuat MBC World pada September 2015. MBC World adalah tempat wisata yang pengalaman virtual bersama bintang-bintang K-drama. Berasa masuk dalam lokasi syuting drakor.

Support Produk Lokal
Kelebihan popularitas K-drama, adalah membuat semuanya terintegrasi menjadi satu. Termasuk campaign produk lokal yang sangat massive lewat K-drama. Hampir semua K-drama punya produk sponsor sendiri. Alhasil, saat berkunjung ke Korea Selatan, wisatawan tidak hanya hunting lokasi drama, tapi juga barang-barang sponsor yang dikenakan si bintang. (*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up