JawaPos Radar | Iklan Jitu

Di Balik Layanan Undangan Pernikahan Online

15 Desember 2017, 20:25:59 WIB | Editor: Dwi Shintia
Ide respsi pernikahan, undangan online
TERKINI: Salah satu bentuk undangan online. (Tukar cincin for jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Beredarnya start-up pada berbagai jenis layanan dimanfaatkan dua anak muda membuat jasa undangan pernikahan online. Mereka adalah Asri Ayu Diani Putri, 21 dan Helmy Satria Martha Putra, 22.

Sejak Maret 2015 hingga sekarang undangan online yang mereka namakan Tukar Cincin, ada puluhan pasangan yang menggunakan jasa tukar cincin. ’’Kami buatkan website dengan beberapa fitur sesuai paket yang ditawarkan,’’ ucap Asri.

Kebanyakan pasangan mengirimkan undangan online-nya lewat media sosial atau surel. Umumnya menggunakan undangan online sebagai kombinasi. Jadi, mereka tetap menggunakan undangan konvensional untuk undangan yang berasal dari orang tua, tetangga, dan atasan.

Sedangkan undangan online biasanya ditujukan pada teman-teman kuliah, organisasi, komunitas dan teman-teman sekolah serta kerabat jauh.

Asri yang alumnus Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu memang tidak memungkiri undangan online juga beberapa kelemahan.

Khususnya dari generasi orang tua yang agak susah untuk menggunakan gadget dan lebih suka dengan undangan pernikahan konvensional. Selain itu masih banyak orang tua yang masih menganggap bahwa undangan online masih kurang sopan untuk mengundang tamu ke pernikahan.

Tukar cincin sendiri berdiri ketika ada salah satu keluarga Asri yang mengeluh tentang undangan yang sangat mahal. Selain itu, biaya untuk mengirimkannya juga tergolong mahal, membutuhkan waktu.

Space undangan juga terbatas. ’’Disitulah kepikiran bagaimana membuat undangan pernikahan yang bisa langsung sampai walaupun temen kita sangat jauh, plus info didalamnya yang lengkap,’’ ujar Asri. (*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up