JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ladies, Ini Lho 5 Siklus yang Dihadapi Kulit Perempuan

14 Februari 2018, 15:05:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Ladies, Ini Lho 5 Siklus yang Dihadapi Kulit Perempuan
Ahli kesehatan kulit, Dr. Kevin A. Maharis, BMedSc, DipDerm (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Setiap orang akan mengalami proses regenerasi pergantian kulit. Apalagi bagi perempuan, perubahan kulit dari masa ke masa begitu besar. Dari mulai bayi, anak-anak, remaja, dewasa, melahirkan, menopause, hingga lansia.

Dalam perluncuran suplemen untuk kulit Bio-Oil 200ml oleh PT Radiant Sentral Nutrindo sebagai pemegang lisensi resmi, Selasa (13/2), ahli kesehatan kulit, dr. Kevin A. Maharis, BMedSc, DipDerm menjelaskan kulit perempuan begitu rumit. Banyak siklus dan masalah kulit yang dihadapi.

“Karena itu rawatlah kesehatan kulit sejak dini, tak usah tunggu remaja atau dewasa. Gunakan sabun dengan benar, pelembab dengan benar, dan semua itu proses,” jelasnya.

Lalu, bagaimana perubahan kulit pada perempuan dari waktu ke waktu?

Bayi dan Anak-anak

Di masa ini, kulit perempuan terus berkembang. Lebih baik di masa ini, segala nutrisi dan vitamin terpenuhi untuk kesehatan kulit mereka. Kemudian ajari sejak dini cara menggunakan pelembab atau tabir surya saat akan terpapar matahari, misalnya saat akan berenang.

Remaja

Siklus masalah kulit saat remaja akan sangat berubah. Saat remaja memasuki masa pubertas akan mengalami masalah jerawat, noda hitam, dan paparan sinar matahari.

“Banyak pasien saya remaja itu punya bekas jerawat menghitam karena dipencet-pencet,” kata Kevin.

Dewasa

Kulit dewasa mulai banyak terpapar debu, asap polusi, dan AC sepanjang hari bekerja di kantor. Kulit mulai mengalami penurunan kualitas. Di saat ini kulit harus mendapatkan nutrisi yang cukup.

“Begitu sudah kerja, keasyikan jadi malas merawat diri, padahal di situ sudah dimulai ke arah penuaan dini jika tak dirawat,” jelas Kevin.

Hamil dan Melahirkan

Transformasi kulit di masa kehamilan dan melahirkan sangat cepat. Bumil akan mengalami selulit atau stretch mark.

“Perubahan kulit saat hamil sangat brutal, akan mengalami stretch mark atau ada bumil yang dipengaruhi hormon sehingga jerawatan,” katanya.

Menopause dan Lansia

Di saat fase ini, perempuan akan mulai mengalami keriput dan kerutan. Namun jika pandai merawat kulit di usia muda, fase ini akan lebih lambat tertunda.

“Kulit mulai kendur dan berkerut. Sebab hal itu seiring bertambahnya usia membuat perempuan di fase lansia akan lebih berkurang kolagen atau elastisitasnya,” ungkap Kevin. 

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up