JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bumil, Begini Tips Minimalisasi Stretch Mark selama Kehamilan

14 Februari 2018, 16:00:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Bumil, Begini Tips Minimalisasi Stretch Mark selama Kehamilan
Ibu hamil. (Istimewa)
Share this

JawaPos.comStretch mark atau mirip seperti selulit lazim terjadi pada perut ibu hamil (bumil). Apalagi, ketika perut bumil mulai membesar di usia kandungan trimester 2. Maka, perut akan mulai terasa gatal dan timbul stretch mark.

“Setiap bumil umumnya mengalami stretch mark, sudah lazim,” kata Ahli kesehatan kulit, dr. Kevin A. Maharis, BMedSc, DipDerm dalam peluncuran suplemen untuk kulit Bio-Oil 200ml oleh PT Radiant Sentral Nutrindo sebagai pemegang lisensi resmi, Selasa (13/2).

Menurut Kevin, stretch mark terjadi karena perubahan biologis yang berkaitan erat dengan faktor hormon. “Terjadi perubahan cepat (pada kulit perut) sehingga kolagen tak sesuai. Makanya terjadi stretch mark. Lalu terjadi inflamasi kemerahan,” papar Kevin.

Bumil, Begini Tips Minimalisasi Stretch Mark selama Kehamilan
Ilustrasi kulit wanita ketika hamil. (Istimewa)

Lalu, apa sih yang bisa dilakukan agar stretch mark tidak semakin parah? Kevin menjelaskan ada beberapa cara untuk meminimalisasi stretch mark pada bumil.

Pakai Handuk

Saat bumil mandi dan memakai handuk, maka keringkan kulit jangan terlalu keras dan kasar.

Jangan Digaruk

Jika perut terasa gatal, jangan digaruk semua. Akan tetapi cukup diusap-usap. Sebab menggaruk bisa memperparah stretch mark.

Beri Pelembab

Berilah minyak pelembab agar friksi atau peregangan bisa diminimalisasi dan bumil merasa lebih nyaman, rasa gatal berkurang.

Apabila Stretch Mark Sudah Terjadi?

Perbanyak vitamin A dan gunakan krim atau obat sesuai saran anjuran dokter. Terutama saat hamil agar aman bagi pasien dan bayi. Cara lainnya jika memang sudah parah, ibu bisa mengikuti teknik laser usai melahirkan. Lebih awal dilakukan akan lebih baik. 

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up