JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ceritakan Superhero Wayang untuk Anak

13 Desember 2017, 21:05:59 WIB | Editor: Dwi Shintia
Iva Ariani,
KENALKAN WAYANG: Iva Ariani dan keluarga. (Abraham Genta Buwana/Radar Jogja)
Share this

JawaPos.com - Keseharian Iva Ariani, dosen filsafat wayang Universitas Gajah Mada (UGM) memang tak bisa dilepaskan oleh cerita-cerita wayang.

Secara tidak langsung, sang suami dan kedua anaknya, Arka Danish Ramadhandy dan Puti Kiasatina Ramadhanty selalu ikut menjadi pendengar setia cerita Iva.

''Suami saya orang Sumatera yang awalnya tidak memahami wayang, tapi sejak pacaran sudah sering saya ajak melihat pagelaran wayang, jadi sekarang sudah mengerti,'' ucap penyuka warna merah tersebut.

Sedangkan untuk anak-anak, Iva paling suka mencitrakan wayang sebagai superhero. Misalnya Arjuna yang memiliki panah sakti atau Bima yang badannya kuat. Iva ingin, kelak anaknya memahani nilai-nilai kearifan lokal.

Kedua anaknya masih berusia empat tahun. Iva baru menikah pada usia 29 tahun. Lalu empat tahun kemudian, dia dan suami mengikuti program bayi tabung yang langsung berhasil. Bahkan, menghasilkan bayi kembar laki-laki dan perempuan.

Iva ingin, apapun profesi anak-anaknya nanti, nilai kelokalan bisa menjadi tuntunan dalam berperilaku. Seperti Iva yang menyukai karakter Kresna karena bijak dalam mengambil keputusan. Kresna selalu melihat setiap persoalan yang dihadapi dari sisi yang luas.

Iva senang dengan cara berpikir Kresna dalam menghadapi masalah. Tapi tetap saja, wayang sebenarnya menggambarkan karakter manusia. ''Sehingga tidak ada tokoh wayang yang sempurna, seperti tidak ada manusia yang sempurna di dunia,'' ucap Iva yang saat kuliah sempat menjadi vocalist band tersebut. (*)

(ina/JPC)

Alur Cerita Berita

Wayang itu Sepenuhnya Cerita Fiksi 13 Desember 2017, 21:05:59 WIB
Ceritakan Superhero Wayang untuk Anak 13 Desember 2017, 21:05:59 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up