JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mau Pelihara Landak Mini? Yuk, Cek Langkahnya

10 Januari 2018, 14:55:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Mau Pelihara Landak Mini? Yuk, Cek Langkahnya
Landak mini milik Fanny Sthefanny suka bermain dengan gulungan karton (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this

Jawa Pos.com - Memelihara landak mini mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat. Kulitnya yang berduri, menjadi alasan sebagian orang masih takut untuk menjadikan landak mini sebagai hewan peliharaan.

Tapi sebenarnya landak mini bisa jadi teman bermain yang setia jika mengenalnya dengan baik. Hewan berduri ini memang memiliki perawatan khusus agar bisa berkembang dengan baik. Sebab, pada dasarnya hewan pun memerlukan lingkungan yang nyaman untuk bisa menularkan energi positifnya terhadap si pemelihara.

Sebelum memutuskan untuk memelihara landak mini, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Seperti yang dilakukan Fanny Sthefanny, 23, yang kini merawat empat landak mini.

Mau Pelihara Landak Mini? Yuk, Cek Langkahnya
Fanny Sthefanny dan Furi, salah satu landak mini kesayangan (Imam Husein/Jawa Pos)

Komitmen Tinggi
Bukan hanya pada landak, punya hewan peliharaan harus memiliki komitmen tinggi untuk merawatnya. Kandang harus dibersihkan tiap hari, sediakan waktu untuk berinteraksi dengannya. Jangan memelihara hanya karena melihatnya lucu.

Rumah Mini
Siapkan kandang dengan tinggi minimal 40 sentimeter untuk tiap landak mini. Usahakan, tiap kandang berisi satu landak mini. Lengkapi kandang dengan tempat makan dan minum, bisa dari asbak yang cukup berat. Beri hiding box untuk tempat ngumpet atau istirahat, lapisi dengan kain fleece.

Pahami Sifat Landak Mini
Landak mini termasuk hewan nokturnal—lebih aktif saat malam hari. Tapi, dengan pembiasaan bermain atau dilepas di ruangan saat siang, malamnya ia akan tidur. Ia tergolong hewan soliter, jangan dilepas bersamaan. Terutama, jantan dengan jantan atau jantan dengan betina. Kalau betina dengan betina masih bisa dilepas untuk bermain berbarengan.

Makan Cat Food
Landak mini bisa diberi makan cat food dengan ukuran satu sendok bubur setiap harinya. Bisa juga diberi ulat Hongkong, ulat Jerman, atau jangkrik sebagai cemilan, hanya dua kali dalam seminggu.

Frekuensi Mandi
Baiknya, landak mini dimandikan tiap dua minggu sekali dengan sabun bayi yang tidak pedih di mata. Gunakan sikat gigi dengan bulu halus untuk membersihkan rambutnya.

Cara Memegang dengan Aman
Pegang dengan dua tangan dari bawah badannya yang tidak memiliki bagian tajam. Duri landak mini seperti sikat atau sisir yang keras, tidak beracun. Lihat reaksinya, tunggu sampai ia membuka wajahnya dan mengenali tangan yang memegang. Kalau si landak mini lepas dari tangan, artinya ia sedang tidak ingin dipegang. Jangan dipaksa.

Karakter Landak
Meski terlihat sama, landak ternyata memiliki karakter berbeda-beda. Ada yang suka dipegang dan dielus durinya, ada yang tidak. Kenali dan pendekatan terlebih dulu.

(nor/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up