JawaPos Radar | Iklan Jitu

Cacian pun Bisa Masuk Kategori KDRT

07 November 2017, 20:43:40 WIB | Editor: Dwi Shintia
KDRT
Ilustrasi KDRT (Pixabay)
Share this

JawaPos.com - Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) kerap didapatkan oleh perempuan. Baik perempuan yang berada di ranah domestik dan public, mereka sama-sama mengalaminya. 

Hal itu diungkapkan oleh spesialis kejiwaan RSUD dr Soetomo dr Nalini M Agung SpKJ(K). ’’Fenomena ini terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dan kota kita di Surabaya. Menurut suatu penelitian, satu dari tiga perempuan menikah mengalami kekerasan dalam berbagai bentuk,’’ papar Nalini.

Bentuk kekerasan yang dialami perempuan tidak hanya fisik,. Bentuk lain seperti cacian dan bullying sudah tergolong kekerasan terhadap perempuan. Atau kekerasan fisik bercampur psikis yang ditemui pada korban perkosaan.

Pada kasus perkosaan, tidak mudah si korban untuk melupakan semua yang dialaminya. Penyembuhannya jauh lebih sulit. Namun jenis yang paling banyak tentu saja adalah kekerasan verbal. Dalam seminggu, Nalini pasti menerima konsultasi seputar kekerasan.

Kebanyakan perempuan datang dalam kondisi depresi. ’’Karena saya praktik psikiatri, kasus kekerasan perempuan yang banyak saya terima adalah kekerasan dalam rumah tangga. Tapi saya sangat yakin, di ranah publik kasus kekerasan masih banyak yang belum terekspos,’’ ucap Nalini. (*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up