JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bintik-Bintik Wajah yang Bikin Imut: Hanya Cocok untuk Acara Santai

04 Desember 2017, 11:55:23 WIB | Editor: Dwi Shintia
Cantik dengan Bintik-Bintik Wajah
BINTIK LUCU: Freckles bisa dibuat lebih banyak, tapi bintik-bintiknya lebih kecil dan halus (kiri). Freckles buatan bisa menimbulkan kesan fresh dan imut. Untuk tampilan ala Korea, beri dasar blush on berwarna oranye di tulang pipi dan hidung. (ZAIM ARMIES/JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Beberapa tahun terakhir muncul banyak tren penampilan yang terbalik. Sesuatu yang dulu dihindari kini malah disuka. Misalnya, gigi gingsul dan kini, freckles. Gejala yang biasanya timbul pada kulit ras Kaukasia yang sangat putih.

Freckles muncul ketika kulit yang putih tersebut terpapar matahari sehingga melanosit pada kulit memproduksi lebih banyak melanin. Bisa juga karena faktor genetik.

Freckles bisa berwarna merah, kuning, cokelat muda, hingga hitam. Secara alami, freckles bisa hilang saat musim dingin dan kembali muncul saat musim panas (meski ada juga yang permanen). Orang Indonesia rata-rata memiliki kulit sawo matang. Meski banyak terpapar sinar matahari, kulit kita secara natural dibekali melanin yang cukup. Karena itu, freckles tidak muncul.

Cantik dengan Bintik-Bintik Wajah
DUA GAYA: Dua jenis pengaplikasian bintik wajah dengan make-up. (ZAIM ARMIES/JAWA POS)

Tren faux freckles muncul dibawa oleh beauty blogger dan selebriti Hollywood. Misalnya, Selena Gomez dalam video klip lagu Fetish. Dalam video itu, Gomez terlihat memiliki bintik-bintik pada pipi dan hidungnya. Padahal, secara alami, wajah dia bersih. Bintik-bintik itu dibuat oleh make-up artist bernama Hung Vanngo.

Menurut beauty influencer Star Irawan, faux freckles masih cocok diaplikasikan untuk kulit orang Indonesia. ”Sebetulnya paling cocok diterapkan pada kulit yang cerah. Tapi, untuk kulit tanned kecokelatan, masih oke kok. Seperti bule yang habis berjemur lama,” katanya. Star membuat faux freckles dengan dua jenis look, yaitu ala Western dan ala Korea.

Untuk look ala Western, freckles yang diaplikasikan terkesan lebih kuat dan lebih banyak. Ada tiga cara untuk membuatnya. Pertama, oleskan krim concealer pada sikat gigi. Kemudian, krim itu dicipratkan perlahan ke bagian pipi dan hidung. Setelah itu, tinggal ditekan-tekan dengan beauty blender. ”Cara ini digunakan untuk membuat freckles yang kecil-kecil,” jelasnya.

Bintik-bintik juga bisa dibuat dalam ukuran lebih besar, yakni dengan eye shadow. Aplikasikan dengan lip brush. Diimbangi dengan foundation yang natural dan cenderung kecokelatan. ”Mata dan pipi dibuat sedikit lebih tanned supaya terlihat natural,” terangnya.

Sementara itu, look ala Korea lebih menonjolkan wajah yang fresh dan blushing. Bintik-bintiknya pun lebih sedikit. Cukup aplikasikan eye shadow cokelat muda atau oranye ke bagian pipi di bawah mata. Tinggal dipadukan dengan cheek tint berwarna oranye dan lipstik yang senada. ”Yang ala Western untuk kulit lebih gelap, sedangkan yang Korea lebih pas untuk kulit cerah,” tuturnya.

Menurut Star, faux freckles cocok dipakai untuk acara outdoor. Misalnya, hang out, main ke pantai, atau garden party. ”Siang atau sore aja karena kalau malam nggak kelihatan,” ujarnya. Star kurang merekomendasikan faux freckles untuk dipakai di acara indoor resmi seperti pesta pernikahan. ”Di Indonesia, kayaknya, belum ada yang pede melakukan itu,” ucapnya.

Star juga kurang menyarankan tren make-up ini bagi orang yang memiliki masalah pada kulit wajah. Misalnya, wajah berjerawat atau banyak bekas jerawat, pori-pori besar, dan kulit wajah yang bertekstur tidak merata. Menurut dia, bintik-bintik akan membuat wajah terlihat tidak bersih. 

Membuat fake freckles tidak sulit. Asalkan perhatikan kondisi wajah. Sebab, ia kurang pas diaplikasikan pada kulit berjerawat, pori-pori besar, dan kulit wajah yang bertekstur tidak rata. Kuncinya terdapat pada make-up dengan natural look. Yuk, simak caranya!

Ala Korea
1. Blush cheek - Gunakan foundation seperti biasa. Untuk kesan fresh ala Korea, tidak perlu contouring. Sebagai gantinya, sapukan cheek tint ke area menyeberangi tulang hidung.

2. Eye shadow - Pilih eye shadow berwarna oranye. Sapukan tipis pada kelopak mata. Bingkai mata dengan eyeliner. Kemudian, buat mata terlihat dramatis dengan permainan bulu mata palsu. Pasang bulu mata satu lapis, lalu tumpuk lagi dengan bulu mata palsu dengan bulu yang renggang dan menyebar.

3. Highlight - Sapukan highlight di area hidung, dagu, dan dahi. Selain untuk mempertegas bagian wajah, highlight memberi efek glowing.

4. Freckles - Buat freckles pada area pipi yang telah diberi cheek tint dengan kuas eye shadow. Buat lebih jarang dan berukuran lebih besar.


Ala Western
1. Foundation - 
Foundation penting untuk menutup noda pada wajah. Sapukan dengan kuas atau beauty blender ke seluruh permukaan wajah, lalu lapisi dengan bedak tabur. Tumpuk lagi dengan bedak padat yang warnanya mirip dengan warna asli kulit wajah.

2. Contouring powder - 
Sapukan sedikit contouring powder di area dahi dan rahang atau hidung yang ingin dipertegas.

3. Eye shadow - Pilih eye shadow cokelat dan sedikit gold. Aplikasikan pada kelopak mata dan di bawah mata. Bila perlu, pakai bulu mata palsu. Cukup satu lapis saja untuk memberi kesan natural. Bingkai mata dengan eyeliner hitam. Lalu, sapukan blush on cokelat pada tulang pipi.

4. Freckles - Gunakan concealer krim. Caranya letakkan concealer cokelat ke sikat gigi. Kemudian, buat cipratan dari bulu sikat gigi pada wajah. Perbanyak jumlah dan ukuran freckles sesuai keinginan. Bisa juga gunakan sponge berpori-pori besar. Atau, buat titik-titik freckles dengan kuas eye shadow yang sudah disemprot setting spray.

Tip:
Sesuaikan warna fake freckles dengan warna kulit. Makin gelap warna kulit, makin gelap freckles. Untuk kulit cerah, pakai cokelat muda atau cokelat bata. Sementara itu, untuk kulit sawo matang, pakai warna cokelat gelap.(*)

adn/c16/na

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up