JawaPos Radar | Iklan Jitu

Demi Kesehatan, Sayur Organik pun Bisa Ditanam dengan Cara Unik

04 November 2017, 10:35:57 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tanam sayur unik
Suasana Menanam Tanaman Organik di Edible Garden City, Citizen Farm Penjara, di Singapura (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Berbagai konsep lingkungan hijau bukan lagi mengalami kendala keterbatasan lahan. Green Living bisa dilakukan dengan cara sederhana. Pengembangan tanaman sayuran organik bisa dilakukan dengan cara yang berbeda.

Salah satunya menanam secara hidroponik di dalam pipa-pipa yang sudah diatur untuk menanam sayuran. Bahkan menanam bisa dilakukan di dalam sebuah kontainer. Seperti yang dilakukan Edible Garden City, Citizen Farm Penjara, Singapura.

Dalam kunjungan bersama Singapore International Foundation (SIF), proses menanam dilakukan dengan sangat mudah asal tekun. "Dengan keterbatasan lahan di pekarangan, bisa dimanfaatkan dengan cara sederhana. Di antaranya menggunakan kontainer atau bisa dilakukan di atap gedung dan lainnya," kata Co-Founder of Edible Gardens Bjorn Low, Jumat (3/11).

Tanam sayur unik
Suasana Menanam Tanaman Organik di Edible Garden City, Citizen Farm Penjara, di Singapura (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Beberapa bunga yang ditanam juga bisa dimakan bahkan menjadi obat. Di antaranya bunga tarrogon berwarna biru bisa digunakan sebagai obat mata. Lalu berbagai jenis bunga dan sayuran organik lainnya yang mencegah penyakit kanker karena mengandung antioksidan.

Bahkan suguhan masakan yang diberikan kepada pengunjung yang singgah, dihidangkan dengan cara yang sangat sehat dan organik. Sedikit garam, gula, dan lemak, baik bagi kesehatan.

Edible Garden City menjuarai "Grow Your Own Food" di Singapura, sebuah penghargaan yang bergengsi. Organisasi ini bertujuan agar kota menanam makanan di tempat yang kurang dimanfaatkan seperti atap dan trotoar. Mereka juga percaya bahwa makanan yang tumbuh menghubungkan kembali orang-orang urban dengan alam, melestarikan sumber daya alam, dan menumbuhkan rasa memiliki.

Edible Garden City merancang, membangun, dan memelihara kebun makanan di perkotaan perkotaan Singapura dan menggunakan metode pertumbuhan alami yang berkelanjutan, daur ulang sumber daya, dan minimisasi limbah. Sebagai perusahaan sosial, perusahaan ini sudah mempekerjakan tiga orang dewasa dengan autisme, yang bekerja paruh waktu di tempat pertanian dalam ruangan di Hort Park.

"Kami menyediakan produk lokal, segar, lezat, dan bergizi bagi orang-orang urban di kota, dan menyediakan lapangan kerja dan pendapatan bagi masyarakat," tuturnya.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up