JawaPos Radar | Iklan Jitu

9 Manfaat Kesehatan Konsumsi Beras Merah, Bisa Atasi Depresi

03 Maret 2018, 14:15:59 WIB | Editor: Rina Anggraeni
9 Manfaat Kesehatan Konsumsi Beras Merah, Bisa Atasi Depresi
Beras Merah (Boldsky)
Share this

JawaPos.com - Jika Anda adalah seseorang yang sadar akan kesehatan, terutama dalam rencana penurunan berat badan, maka Anda pasti disarankan menukar nasi putih dengan nasi merah. Lantaran, beras merah diyakini tidak membuat berat badan menjadi bertambah.

Mengingat, jumlah karbohidrat dan kadar dalam nasi putih lebih banyak. Fakta di atas, bahwa beras merah memungkinkan penurunan berat badan dengan sejumlah manfaat kesehatan lainnya yang kebanyakan tidak akan kita sadari. Beras merah adalah gandum utuh, di mana hanya bagian luar dari butiran yang dikeluarkan untuk membuatnya dapat dimakan, tidak seperti nasi putih, di mana kuman dan dedak bisa timbul. Serta mengurangi kandungan serat dan nutrisinya.

Jadi, jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah jauh lebih sehat serta membantu menurunkan berat badan.Dikutip Boldsky, beberapa alasan manfaat konsumsi beras merah:

9 Manfaat Kesehatan Konsumsi Beras Merah, Bisa Atasi Depresi
Depresi ()

1. Diabetes
Diabetes adalah kelainan metabolik umum yang telah mempengaruhi lebih banyak orang, akhir-akhir ini. Bila tubuh tidak mampu menghasilkan cukup hormon insulin, kadar gula darah naik dan menyebabkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan, ini adalah diabetes. Beras merah kaya akan asam fitat dan serat, yang dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif dan mengendalikan diabetes.Sehingga membantu pasien mengelola penyakit ini.

2. Detoksifikasi
Sistem Kebanyakan dari mereka akan mengetahui fakta bahwa tubuh kita mengkonsumsi banyak racun setiap hari, dalam bentuk makanan tidak sehat, polutan, kuman di lingkungan, dan lain-lain. Kita harus mendetoksifikasi tubuh kita secara internal dari waktu ke waktu. untuk waktu untuk menghindari penyakit. Beras merah kaya akan antioksidan yang bisa mendetoksifikasi sistem Anda secara alami, dengan membuang racun.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab paling atas kematian di seluruh dunia. Sebagian besar penyakit yang mempengaruhi organ vital ini sangat berbahaya dan sangat sulit diobati. Kandungan serat dan antioksidan dalam beras merah memiliki kemampuan untuk mengusir plak yang terakumulasi di arteri dan memastikan aliran darah sehat ke jantung, sehingga mencegah penyakit jantung.

4. Memperbaiki Laktasi

Pada Ibu Baru yang baru saja melahirkan harus menjaga kesehatannya sendiri agar sembuh, sekaligus memastikan bayinya mendapatkan nutrisi yang cukup melalui ASInya. Beras merah diketahui dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, dengan merangsang kelenjar susu, sehingga membantu ibu menyusui bayinya secara efektif.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bagi orang-orang yang memiliki jadwal sibuk untuk mengikuti diet sehat, atau untuk orang yang makan makanan yang tidak sehat terus-menerus, penyakit pencernaan seperti gastritis, kembung, keasaman, konstipasi, dll. Biasa dilakukan. Beras merah kaya akan kandungan serat, yang dapat membantu mengatur aliran cairan pencernaan dan melunakkan tinja, sehingga mengobati semua masalah pencernaan di atas.

6. Mengurangi Kolesterol Tinggi
Kolesterol tinggi adalah penyakit yang umum terjadi akhir-akhir ini sehingga menjadi istilah rumah tangga. Bila kadar kolesterol tidak sehat di tubuh Anda meningkat, karena berbagai faktor, bisa saja tersangkut di arteri dan membuat aliran darah sulit ke berbagai organ. Beras merah diketahui bisa mengurangi jumlah kolesterol tinggi dalam tubuh karena adanya asam gamma-aminobutyric (GABA).

7. Mencegah Kanker
Kanker adalah penyakit mematikan yang mempengaruhi jutaan nyawa, berapapun umur dan jenis kelaminnya, setiap tahun. Ketika sel kanker mulai berkembang biak di tubuh, mereka bisa menghancurkan jaringan dan organ tubuh. Antioksidan kuat yang ada pada beras merah dapat membantu mencegah perbanyakan sel kanker.

8. Mengobati Depresi
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa beras merah merupakan salah satu dari sedikit bahan alami yang memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit mental seperti depresi. Kehadiran asam amino esensial seperti glutamin, gliserin dan GABA dalam beras merah dapat meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi dan masalah kecemasan.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Seiring dengan asam amino, antioksidan dan nutrisi penting lainnya, beras merah juga mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium, yang sangat penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat, bahkan saat Anda bertambah tua. Jadi, mengonsumsi nasi merah secara teratur dapat membuat tulang Anda tetap sehat dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

(rna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up