JawaPos Radar | Iklan Jitu

Saham Sektor Konsumsi dan Pertambangan Jadi Rekomendasi Tahun Ini

14 Februari 2019, 16:46:44 WIB
Saham Sektor Konsumsi dan Pertambangan Jadi Rekomendasi Tahun Ini
Bursa Efek Indonesia (BEI) (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Head of Institutional Research MNC Sekuritas Thendra Crisnanda mengatakan, di tengah isu perekonoman global yang masih berlanjut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpotensi menguat hingga ke level 6.746 hingga Semester I-2019.

Meskipun demikian, Thendra menilai, terdapat pola yang mengarahkan investor pasar saham melakukan penjualan di semester dua tahun ini. Sehingga, pihaknya merekomendasikan beberapa sektor yang bisa dicermati, di antaranya sektor konsumsi, infrastruktur dan pertambangan logam.

“Saham pilihan PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), PT Sido Muncul Tbk (SIDO), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT BRI Agro Tbk (AGRO).

Di sisi lain, Head of Fixed Income MNC Sekuritas I Made Adisaputra mengatakan, pasar surat utang Indonesia di 2019 akan lebih baik dibandingkan dengan kondisi di 2018. Hal tersebut tidak lepas dari faktor eksternal,  Bank Sentral Amerika terlihat menahan diri untuk melanjutkan kenaikan suku bunganya di tengah ancaman perlambatan pertumbuhaan ekonomi global.

Adapun dari faktor domestik, stabilitas nilai tukar rupiah serta kebijakan pemerintah agar defisit transaksi berjalan menjadi turun akan menentukan pergerakan pasar surat utang di 2019.

“Dengan asumsi moderat ke optimis, diperkirakan pasar surat utang negara akan memberikan total return kepada investor berkisar antara 7,5 persen hingga 10,33 persen,” tandasnya.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Romys Binekasri

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up