alexametrics

Keren! Batan Tambah Dua Profesor Riset

Jago Keselamatan Reaktor dan Biologi Radiasi
28 Desember 2018, 05:10:13 WIB

JawaPos.com – Jumlah profesor riset di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) terus bertambah. Hari ini Kamis (27/12) dikukuhkan dua orang profesor riset baru di Batan.

Keduanya adalah Anhar Riza Antariksawan dan Mukh. Syaifudin. Pengukuhan profesor riset ini dihadiri Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko.

Anhar dikukuhkan sebagai profesor riset di bidang keselamatan reaktor nuklir. Sedangkan Syaifudin dikukuhkan menjadi profesor riset di sektor biologi radiasi.

Usai pengukuhan Anhar menuturkan isu keselamatan reaktor nuklir selama ini masih menjadi pembahasan yang hot di masyarakat.

“Saya menyampaikan soal keselamatan reaktor nuklir. Terkait kecelakaan nuklir,” katanya.

Sebab menurut dia selalu yang jadi isu di masyarakat dalam teknologi nuklir adalah tekrait bom nuklir, keselamatan, dan kecelakaan. Padahal dia menegaskan, teknologi keamanan nuklir saat ini sudah berkembang pesat.

Dia menegaskan menihilkan risiko dalam pengoperasian nuklir memang tidak mungkin. “Yang ada adalah memperkecil risiko,”
tuturnya.

Dia mengatakan Batan sudah 50 tahun mengoperasikan reaktor riset. Selama perjalanannya itu, tidak pernah ada persoalan terkait kecelakaan pengoperasian reaktor nuklir.

Dalam sambutannya Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menjelaskan saat ini banyak masyarakat yang masih takut terhadap pemanfaatan nuklir. Menurut dia dedikasi dan hasil penelitian kedua profesor yang dikukuhkan itu, menunjukkan bahwa teknologi nuklir bukan hal yang menakutkan lagi.

“Namun (nuklir, Red) dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam kesejahteraan manusia,” jelasnya.

Handoko menegaskan kepada seluruh pemangku kebijakan, bahwa teknologi nuklir tidak perlu lagi ditakutkan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (wan/JPC)



Close Ads
Keren! Batan Tambah Dua Profesor Riset