alexametrics

Ini Sosok SAB Pelaku Kejahatan Seksual Terhadap RA

28 Desember 2018, 19:33:51 WIB

JawaPos.com – Kejahatan seksual yang menimpa RA sebanyak empat kali diduga dilakukan oleh seorang oknum anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan berinisial SAB. RA merupakan Tenaga Kontrak Asisten Ahli Dewan BPJS TK yang berkerja selama dua tahun sejak April 2016 hingga November 2018. 

Dia mendapatkan perlakuan tak senonoh oleh atasan disaat dinas luar kota. Dengan rincian dua lokasi berbeda yakni di Pontianak dan Makassar dengan agenda dinas luar kota. Sementara, dua lokasi lainnya terjadi di Bandung dan di Jakarta dengan tujuan pembahasan urusan kantor.

Amel mengaku sudah menolak berulang kali tindakan bejat yang dilakukan oleh atasannya. Sebab, tak ada sedikitpun perasaan yang dimiliki oleh Amel. Dia dipaksa dan direndahkan sosok pelaku merupakan orang terpandang dan dihormati.

“Kenapa itu bisa terus terjadi? Saya tidak punya jawaban yang pasti. Saya mungkin memang terlalu bodoh dan penakut untuk melawan,” ungkap Amel saat ditemui di kawasan Cikini, Jumat (28/12).

“Saya takut dengan sosok si pemerkosa yang memang adalah seorang tokoh yang sangat dominan, dihormati dan bahkan ditakuti di lingkungan BPJS TK Saya takut bahwa dia akan melakukan kekerasan fisik atau menghancurkan hidup saya,” tukas Amel.

Amel mengakui, rasa takut yang mengeliat dibenaknya untuk melaporkan perbuatan atasannya karena menyangkut pekerjaan dan karir yang tengah dijalaninya saat itu.

“Saya takut tidak akan ada orang yang percaya. Faktanya, dengan kekuasaan dia, dia memang bisa membuat saya hanya berada berduaan dengannya di berbagai perjalanan dinas,” ujarnya.

“Saya juga takut kehilangan pekerjaan di Dewas BPJS-TK yang merupakan sumber penghasilan yang saya andalkan untuk hidup saya,” tuturnya.

JawaPos.com mencoba menelusuri sosok SAB tersebut. Ternyata, sosok SAB sempat dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai anggota Dewan Pengawas BPJS TK pada Selas 23 Februari 2016 silam.

Sebelum pelantikkan itu, namanya telah berkibar sebagai tokoh publik Indonesia dengan karir cemerlang dan membentang lintas instansi.

Dia merupakan Alumni STAN tahun 1979 ini memulai karir sebagai auditor BPKP, kemudian menjadi Auditor Utama KN II BPK.

SAB juga menimbah ilmu di Master of Business Administration dari University of Rochester, New York, USA, S3 Kebijakan Publik di Universitas Gajah Mada dan melanjutkan D4 Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Bahkan, dia juga pernah menjadi Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dan Pengajar Program S2 MAKSI, Universitas Indonesia. Dia juga pernah berkantor di Istana Presiden dan mengalami tujuh kali pergantian Menteri Sekretaris Negara.

Pada 2012, Presiden SBY melantik SAB sebagai Duta Besar RI untuk World Trade Organization (WTO) yang berkantor di Jenewa, Swiss.

Kemudian, pada 2015, dia pernah diangkat sebagai Tenaga Ahli Bidang Manajemen Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Negara, Kementerian Keuangan. Kini, dia berkantor di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (ipp/JPC)



Close Ads
Ini Sosok SAB Pelaku Kejahatan Seksual Terhadap RA