alexametrics

Penyambutan Meriah Atas Kunjungan Raja Salman Sudah Jadi Budaya Indonesia

28 Februari 2017, 11:22:28 WIB

JawaPos.com – Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan tamu istimewa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Seluruh sudut gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), berbagai kegiatan di Bogor dan Bali, seluruhnya sudah diatur dengan maksimal.

Kunjungan ini bersejarah karena baru dilakukan lagi setelah 47 tahun oleh Raja Arab Saudi. Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) Bambang Wibawarta menilai, prosesi penyambutan tamu yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk memberikan yang terbaik memang sudah menjadi budaya Indonesia sejak dulu. Siapa saja tamu yang datang ke rumah, tuan rumah pasti selalu melayani yang terbaik, apalagi kedatangan tamu istimewa.

“Ini budaya kita menyambut tamu, harus sambut dengan baik,” kata Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI ini, Selasa (28/2).

Bambang menambahkan, apalagi Raja Salman membawa logistik yang begitu banyak dan delegasi dengan jumlah fantastis. Sudah sepatutnya Pemerintah Indonesia memfasilitasi hal itu.

“Itu yang menarik dari sosok Raja Salman, dia pun membawa begitu banyak kelengkapannya. Dia punya kebiasaan yang kita serahkan saja sepenuhnya pada pemerintah,” tuturnya.

Menurut Bambang banyak hal yang bisa dibicarakan selain masalah haji dan investasi. Indonesia bisa memperkuat isu soal perlindungan tenaga kerja (TKI) dan bermacam agenda lainnya. “Saya yakin pemerintah sudah menyiapkan agenda padat untuk bicarakan itu,” katanya.

Efek dari kedatangan ini, kata Bambang, menumbuhkan geliat di sektor ekonomi dan pariwisata. Wisatawan Timur Tengah ini sangat potensial untuk bisa hadir di Indonesia.

“Kan selama ini yang datang ke sana (Arab Saudi) kan TKI. Dan sekarang raja datang ke sini sebagai negara muslim terbesar, tentu akan langsung menyaksikan sendiri. Hal tak biasa, raja 80 tahun, tentu ada agenda penting baik bagi kedua negara,” tegas Bambang. (cr1/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Penyambutan Meriah Atas Kunjungan Raja Salman Sudah Jadi Budaya Indonesia