alexametrics

Basarnas Sebut 397 Orang jadi Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda

25 Desember 2018, 15:17:07 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya M Syaugie mengatakan, total korban meninggal pascatsunami di Selat Sunda hingga Selasa (25/12) pukul 09.00 WIB, tercatat sebanyak 397 orang. Saat ini, para korban telah dibawa ke RSUD Berkah Pandeglang untuk dilakukan proses identifikasi.

“Dalam rangka mengevakuasi korban, sampai hari ini pukul 09.00 WIB tadi sudah 397 orang yang meninggal dunia. Yang luka-luka 1.028, hilang 77 orang,” kata Syaugie di Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten, Selasa (25/12).

Dalam proses evakuasi korban tsunami, Basarnas mengerahkan 250 personel. Para personel tersebut didatangkan dari Jakarta, Bandung, dan Lampung.

Basarnas Sebut 397 Orang jadi Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda
infografis Tsunami Selat Sunda (kokoh praba / jawapos.com)

“Tentunya ini tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD maupun pemerintah daerah setempat,” ujar Syaugie.

Ia menyebut, pihaknya melakukan evakuasi di enam sektor. Empat sektor di antaranya berada di Pulau Jawa seperti Anyer, Carita, Labuan, dan Tanjung Lesung hingga ke Sumur. Sedangkan dua sektor lagi berada di kawasan Lampung Selatan.

“Kami kerahkan dua helikopter Basarnas dan dua perahu karet untuk mengambil korban-korban yang masih terisolasi di pulau-pulau sekitar Pulau Jawa ini. Kami berharap sinergi yang baik ini antara Basarnas, TNI, Polri, maupun stakeholder yang lain,” ucapnya.

Syaugi berharap, cuaca di sekitar pesisir Banten cerah. Hal ini guna memperlancar proses evakuasi korban tsunami.

“Karena tadi saya baru saja mengecek sampai Tanjung Lesung lewat udara banyak di situ kejadian-kejadian atau puing-puing yang masih ada. Kemudian saya melihat tim Basarnas, TNI, dan Polri menyusuri pantai itu sampai ke selatan. Kalau-kalau masih ada lagi korban yang belum ditemukan begitu,” ungkapnya.

Jenderal bintang tiga ini pun menambahkan, pihaknya akan lebih fokus mencari para korban tsunami di daerah Labuan.

“Sekarang fokusnya di sini (Labuan), untuk memastikan dan menyakinkan tim SAR gabungan melakukan evakuasi dengan cepat dan benar,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (ce1/rdw/JPC)



Close Ads
Basarnas Sebut 397 Orang jadi Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda