alexametrics

Catat! Menteri PANRB Bicara soal Proses Penerimaan CPNS 2018

25 Oktober 2018, 23:24:22 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melaporkan pencapaian empat program prioritas selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Termasuk, rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang dilakukan dengan terintegrasi dalam satu wadah, yakni melalui web SSCN.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia dilakukan melalui rekrutmen ASN secara lebih transparan, berintegritas, mencari CPNS yang berkualitas sebagai mesin utama bagi berjalannya roda pemerintahan,” ujar MenPAN-RB Syafruddin dalam forum yang digelar di Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (25/10).

Dia menyebutkan, pada 2018, jumlah pelamar CPNS tercatat sebanyak 3,6 juta. Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, selanjutnya tes akan dilakukan pada 873 titik di seluruh Indonesia.

“(Perluasan lokasi tes) dengan prinsip memudahkan dan mendekatkan pelamar ke lokasi tes. Di akhir proses seleksi kita akan mengambil sebanyak 238 ribu formasi CPNS,” terang dia.

Sebanyak 238.015 formasi yang dibutuhkan, pembagiannya yakni 52 persen ditempatkan sebagai tenaga pendidik, 25 persen tenaga kesehatan, dan 23 persen untuk tenaga teknis serta infrastruktur.

Selain itu, untuk mewujudkan program nawacita yang digagas Jokowi, KemenPAN-RB bertugas mengontrol reformasi dan birokrasi menjadi suatu kondisi yang perlu bagi keberhasilan pembangunan nasional.

“Penguatan pelaksanaan reformasi birkorasi sejak tahun 2014 hingga akhir sementer satu tahun 2018 dicapai melalui peningkatan indeks persepsi pelayanan publik dan indeks persepsi anti korupsi,” jelas mantan Wakapolri itu.

Kedua indeks tersebut memperhatikan tingkat pengembangan instansi pemerintagan dalam meningkatkan budaya anti korupsi setta pelaksanaan anggaran secara efektif dan efisien.

Selanjutnya, yaitu pendataan kelembagaan di mana sejak tahun 2014-2017, pihaknya telah menghapus 23 lembaga non struktural yang tugasnya tumpang tindih. “Sudah ditangani kementerian lembaga secara teknis,” katanya.

Terakhir, terobosan KemenPAN-RB yakni membentuk mal pelayanan publik. Hingga 2018, sudah beroperasi 10 mal pelayanan publik dan masih tersedia 15 mal pelayanan publik di daerah yang sudah siap diluncurkan dan menunggu peresmian.

“Inovasi pelayanan publik juga dikembangkan secara luas melalui ajang kompetisi pelayanan publik yang setiap tahunnya diikuti kementerian/lembaga/pemda bagi instansi yang masuk kategori top 40 inovasi diberikan dana intensif daerah,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
Catat! Menteri PANRB Bicara soal Proses Penerimaan CPNS 2018