alexametrics

Anak Jadi Korban Kejahatan, Menteri Yohana: Semua Karena Handphone

24 Juli 2018, 16:28:45 WIB

JawaPos.com – Surabaya dan Surakarta mendapat penghargaan kategori utama kota layak anak (KLA) dari pemerintah pusat. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menilai dua kota tersebut selama ini memiliki totalitas dalam memberikan perhatian terhadap anak. Di antaranya, adanya berbagai kebijakan yang memenuhi hak-hak anak dan informasi yang disediakan ramah terhadap anak.

“Berarti (pemda) yang lainnya masih belum layak anak. Ini karena belum masuk kategori utama,” kata Menteri PPPA Yohana Yembise dalam penganugerahan Penghargaan KLA 2018 di Surabaya tadi malam (23/7).

Yohana menambahkan, penghargaan KLA tahun ini bertema Anak Indonesia Genius, Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat. Untuk itu, dia memberikan perhatian khusus tentang banyaknya kriminalitas yang berkaitan dengan anak. Menjadi tersangka ataupun korban. “Itu semuanya karena handphone. Seharusnya orang tua lebih intens lagi memperhatikan anaknya,” jelasnya.

Anak Jadi Korban Kejahatan, Menteri Yohana: Semua Karena Handphone
Ilustrasi: anak jadi korban kejahatan. Hal itu bermula dari handphone. (Pixabay.com)

Menurut Yohana, anak bisa mengakses pornografi melalui ponsel. Saat itulah mereka kemudian menemukan alasan untuk berbuat yang tidak-tidak. Mulai merokok hingga berbuat asusila. “Masih banyak orang tua yang menyerahkan tugas melayani anaknya lewat handphone,” tutur Yohana.

Sementara itu, puncak Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini diadakan di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, kemarin (23/7). Sayang, Presiden Jokowi yang direncanakan datang ternyata berhalangan. Jokowi diwakili Yohana. Turut hadir adalah Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Gubernur Jatim Soekarwo, serta sejumlah perwakilan dari provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia.

Di hadapan awak media, Yohana menyatakan komitmen pemerintah dalam perlindungan anak. Termasuk pemenuhan hak anak. Dia meminta komitmen itu juga ditunjukkan semua lapisan masyarakat. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (bin/zal/sid/rf/wan/c10/agm)

Anak Jadi Korban Kejahatan, Menteri Yohana: Semua Karena Handphone