alexametrics

Atasi Kemacetan di Tol Cikampek, Polisi Berlakukan Contraflow

Mulai Km 35 hingga Km 60
23 Desember 2018, 10:51:46 WIB

JawaPos.com – Puncak arus mudik libur Natal terjadi kemarin. Beberapa ruas tol mengalami kepadatan. Di tol Cikampek, misalnya, polisi bahkan memberlakukan contraflow atau pengalihan arus sepanjang hampir 30 km. Mulai Km 35 hingga Km 60.

Kabagops Korlantas Polri Kombespol Benyamin menuturkan, sebenarnya hingga malam ini jumlah kendaraan di tol Cikampek jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Jumat (21/12).

“Jumat itu jumlah kendaraan sampai 93 ribu. Untuk Sabtu (22/12) hingga malam pukul 20.00 baru sekitar 53 ribu kendaraan,” ujarnya. Namun, kondisi jalan tol jauh lebih macet daripada Jumat. Sebab, kendaraan pemudik masuk jalan tol pada saat yang hampir bersamaan. Sejak pagi, kendaraan bersamaan menuju ke Semarang. “Jumat tidak dilakukan contraflow, tapi Sabtu diberlakukan ya karena kendaraannya masuk bersamaan,” tuturnya.

Atasi Kemacetan di Tol Cikampek, Polisi Berlakukan Contraflow
Ilustrasi: kepadatan lalu lintas di tol Cikampek membuat aparat kepolisian membelakukan contraflow. (Raka Denny/Jawa Pos)

Menurut dia, contraflow diberlakukan pukul 11.00 hingga 12.00. Namun, pukul 16.00, petugas terpaksa melakukan contraflow kembali di jalan tol Cikampek. “Dari Km 35 hingga Km 60 ya, malam ini masih berlangsung,” paparnya.

Yang menarik, kondisi berbeda tampak di tol Cipali. Berdasar pantauan udara, diketahui jalan tol itu sangat lengang. Benyamin menyatakan, arus kendaraan baru sampai Cikarang Utama, belum tiba di tol Cipali. “Bila arus kendaraan sampai Cipali, kecepatan kendaraan bisa meningkat atau kemacetan terurai,” tuturnya.

Besar kemungkinan arus kendaraan sampai tol Cipali malam ini atau Minggu pagi (23/12). Dengan begitu, sangat mungkin tidak ada rekayasa lalu lintas di tol Cipali. “Saya sekarang di Semarang memantau arus. Ya, masih lengang,” paparnya.
Jalan tol di Semarang hanya ada antrean biasa di gerbang tol. Karena itu, diprediksi arus mudik saat sampai Semarang lebih lancar. “Yang perlu diingat, kecepatan kendaraan harus dibatasi,” terangnya.

Soal jumlah kecelakaan di jalan tol pada puncak arus mudik, dia menjelaskan bahwa tidak ada kecelakaan yang menonjol dan merenggut korban jiwa. “Hanya ada satu kecelakaan tunggal tanpa korban,” katanya.

Sementara itu, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan, untuk mencairkan kepadatan di jalan tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, berdasar diskresi dan kerja sama dengan pihak kepolisian, contraflow diberlakukan dari Km 50+000 hingga Km 61+500 pada pukul 11.30 kemarin. Namun, karena kendaraan terus bertambah, sejak pukul 13.00, contraflow diperpanjang mulai Km 35+600 hingga Km 61+500.

“Perpanjangan contraflow ini diharapkan dapat memecah kepadatan di beberapa titik, terutama penyempitan lajur (bottleneck) di Km 38 serta jelang akses keluar masuk Rest Area Km 39,” terang Dwimawan.

Tadi malam sekitar pukul 19.30, contraflow akhirnya dihentikan. Sebab, menurut Dwimawan, kepadatan di Gerbang Tol Cikarang Utama mulai terurai. Contraflow terbukti berhasil memecah kepadatan akibat bottleneck di Km 38 dan akses keluar masuk Rest Area Km 39, Km 50, dan Km 57 arah Cikampek. “Saat ini terpantau kondisi lalin arah Cikampek lancar,” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, kecepatan kendaraan di jalan tol harus terkontrol. “Saya mengimbau kepada pemudik untuk mengatur kecepatan maksimal 100 km/jam. Mengurangi kecepatan artinya kita sadar keselamatan berkendara,” tuturnya. Pernyataan itu disampaikan Budi saat ditemui dalam acara pelepasan mudik gratis Nataru kemarin.

Dia menjelaskan, Polri memiliki alat untuk mengawasi kecepatan berkendara. “Sudah ada alat-alat untuk mengontrol kecepatan pemudik seperti speed gun. Jadi, kalau pengemudi berkendara lebih dari 100 km/jam akan tertangkap kamera dan ditilang atau punishment lain,” ungkap Budi.

Budi menerangkan, kota-kota di sepanjang tol Jakarta-Surabaya memiliki wisata kuliner menarik. Karena itu, dia menyarankan para pemudik untuk mengunjungi setiap kota tersebut. “Sehingga kita ikut aktif menumbuhkan ekonomi daerah,” ucapnya. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (idr/tau/lyn/c19/oni)


Close Ads
Atasi Kemacetan di Tol Cikampek, Polisi Berlakukan Contraflow