alexametrics

Usai Unjuk Rasa Reda, Petugas PPSU Bersih-bersih di Kawasan Thamrin

23 Mei 2019, 11:24:28 WIB

JawaPos.com – Usai aksi unjuk rasa reda, puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) terius melakukan pembersihan di kawasan MH Thamrin atau tepatnya di perempatan Mal Sarinah, Jakarta. Pantauan JawaPos.com mereka membersihkan sisa sampah-sampah yang ada di kawasan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta.

Amin salah satu petugas PPSU mengatakan,dirinya bersama dengan rekan-rekannya mulai membersihkan sampah di kawasan tersebut setelah salat Subuh.

“Mulai subuh kita udah mulai bersihan sampah, banyak baget sampahnya,” ujar Amin di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (23/5).

Amin mengatakan, sampah yang diangkut rata-rata adalah berupa batu dan juga sisa air meneral yang sidah dipakai para peserta aksi.

“Banyak, ada batu, Aqua, tadi sama ada baut-baut juga ditemuin,” katanya.

Amin memperkirakan setidaknya ada 10 mobil PPSU dengan bak terbuka mengumpulkan sisa-sisa sampah tersebut. Mobil tak henti-hentinya mengangkut sampah-sampah yang masih berada di jalan sekitaran MH Thamrin.

“Tadi kalau enggak salah ya sekitaran ada 10 mobil, banyak deh mobilnya,” ungkapnya.

Sementara pos polisi di kawasan Sarinah yang telah dibakar massa peserta aksi juga telah selesai diatasi. Petugas pemadam kebakaran berhasil meredam ‘si jago merah’.

Sekadar informasi, sekelompok massa melakukan aksi dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 22 Mei. Massa terlibat bentrokan dengan petugas kepolisian. Dalam bentrokan tersebut massa banyak merusak fasilitas umum. Bahkan sebuah pos polisi di kawasan Sarinah juga dibakar oleh massa.

Setidaknya 257 perusuh di Aksi 21-22 Mei telah ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya.‎ Adapun barang bukti yang diamankan petugas kepolisian adalah mercon, busur panah, bom molotov, dan amplop berisi uang Rp 200 sampai Rp 500 ribu.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono