alexametrics

BUMN Buka Kesempatan Magang 9 Ribu Lowongan Untuk Mahasiswa, Berminat?

21 Maret 2019, 08:43:03 WIB

JawaPos.com – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka kesempatan bagi 9.000 mahasiswa untuk mengikuti program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) guna mengembangkan diri dan menjajal dunia kerja secara profesional. Kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Goes to Campus yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kementerian BUMN.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan, PMMB ini didesain untuk membantu menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang siap bekerja dan mampu bersaing. Adapun, waktu pelaksanaan PMMB minimal enam bulan dan programnya diakui sebagai bagian dari SKS mahasiswa di kampus masing-masing.

“Tahun 2018, BUMN sudah punya PMMB dan berlangsung dengan sukses. Jadi saya terus mendorong semua mahasiswa di sini untuk ikut magang bersama BUMN sehingga suatu saat bisa berkarya di BUMN, ” kata Rini dalam keterangan resmi, di Jakarta, Kamis (21/3).

Kementerian BUMN berharap PPMB ini menjadi langkah nyata link and match kurikulum PTN/PTS dengan kebutuhan industri yang telah lama diinisiasi dan diharapkan menjawab gap yang selama ini masih terjadi di lapangan.

Melalui program ini, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kerja yang nyata di dunia industri, mendapatkan sertifikat kompetensi, dan atau sertifikat industri, mendapatkan uang saku, serta memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN.

Ini merupakan langkah strategi BUMN untuk “meningkatkan kualitas lulusan PTN/PTS dengan terjun langsung di industri untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di lingkungan pendidikan,” kata Rini.

Sebagai informasi, PMMB pertama kali dilakukan pada 20 Mei 2018 dan telah menyerap 1.687 mahasiswa dari 28 PTN/S yang magang di 40 BUMN. Pada 2019, ditargetkan sebanyak 9.000 peserta magang dari 231 perguruan tinggi yang akan dilaksanakan dalam 2 batch di mana pada batch-1 BUMN telah membuka 4.280 posisi di 113 BUMN.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti



Close Ads
BUMN Buka Kesempatan Magang 9 Ribu Lowongan Untuk Mahasiswa, Berminat?