alexametrics

Menhub Ingin Kuota Mudik Gratis Tahun Depan 100.000 Orang

Sambut Pemudik Arus Balik
20 Juni 2018, 13:28:42 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut 600 pemudik arus balik yang datang dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. Para peserta mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sekitar pukul 10.00 WIB.

“Saya bersyukur ada gelombang ketiga dari pada mudik gratis menggunakan kapal dari Jawa Tengah sudah kembali ke Jakarta dengan aman dan sehat. Dengan suatu okupansi yang baik, artinya program kami yang lalu belum maksimal tahun ini bisa maksimal,” kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6).

Menurut Budi Karya, peserta mudik gratis tahun ini mencapai 30.000 orang yang membawa 15.000 unit kendaraan roda dua. Oleh karenanya, Budi mengaku akan terus meningkatkan progran mudik gratis pada tahun berikutnya.

Menhub Ingin Kuota Mudik Gratis Tahun Depan 100.000 Orang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut pemudik gratis di Pelabihan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6) (Ridwan/JawaPos.com)

“Saya akan upayakan kalau bisa tiga kali lipat. Kalau bisa hingga kuota 100.000 orang. Cuma akan dilihat dari ketersediaan kapalnya,” ujar Budi.

Selain itu, Budi menyebut setelah berbincang dengan para pemudik pihaknya akan meningkatkan fasilitas. Tersedianya fasilitas yang lebih baik, kenyamanan para pemudik juga akan meningkat.

“Ada beberapa catatan dari teman-teman, katanya kafenya nggak 24 jam, kapalnya harus lebih cepat, minta ada hiburan. Nanti tahun depan akan kami berikan pada mereka,” tutur Budi.

Sementara itu, salah seorang peserta mudik gratis asal Jepara, Jawa Tengah Fitriyatun mengaku senang mengikuti program ini. Wanita berusia 30 tahun itu mengaku sudah dua kali mengikuti program mudik gratis Kemenhub.

“Sudah dua kali dari lebaran tahun kemarin,” ujar wanita yang tinggal di Pulogadung ini.

Kendati demikian, Fitriyatun meminta Kemenhub untuk memberikan fasilitas lebih kepada para pemudik dan kuotanya ditambah lagi. “Fasilitas ya terutama. Kapalnya lebih besar. Kuotanya ditambah, bisa ajak saudara nantinya,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (rdw/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Menhub Ingin Kuota Mudik Gratis Tahun Depan 100.000 Orang