alexametrics

Arus Balik, Brebes-Jakarta Kembali akan Diberlakukan Satu Arah

20 Juni 2018, 14:00:30 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya bekerja sama dengan Korlantas Polri kemungkinan besar akan kembali melakukan sistem satu arah mulai dari Brebes hingga Jakarta. Hal itu bertujuan untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus balik.

“Ada kecendrungan seperti tadi malam bahwa mulai dari Brebes itu dilakukan one way dari Brebes sampai Jakarta,” kata Budi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6).

Budi menjelaskan untuk eksekusi sistem satu arah, komando akan berada di bawah Kepala Korps Lalu Lintas Royke Lumowa. Sementara, Kementerian Perhubungan hanya memberikan rekomendasi.

Arus Balik, Brebes-Jakarta Kembali akan Diberlakukan Satu Arah
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut pemudik gratis di Pelabihan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6). (Ridwan/JawaPos.com)

Menurut Budi, pihak kepolisian bakal memberikan pengumuman terlebih dahulu kepada masyarakat apabila sistem satu arah hendak diberlakukan.

“Kemarin itu jam tiga diinformasikan ini mungkin dengan skema sama, nanti akan ada suatu announcement dari Kapolri (Tito Karnavian) atau Kakorlantas apakah ini akan one way atau tidak. (Tapi) Kecenderungannya akan dilakukan,” jelas Budi.

Selain itu Budi juga mengimbau kepada pengendara yang hendak bergerak dari arah Jakarta menuju ke arah timur untuk menunda perjalanannya karena pemberlakuan sistem satu arah ini.

Hal itu bertujuan agar tidak terjadi kemacetan. Pasalnya, saat diberlakukan sistem satu arah, sempat terjadi kepadatan kendaraan yang dari arah barat menuju ke timur.

“Bagi pemudik untuk Lebaran Kupat (setelah hari-H) jangan hari ini. Saya anjurkan besok atau lusa karena besar harapan ini akan dilakukan one way,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/rdw/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Arus Balik, Brebes-Jakarta Kembali akan Diberlakukan Satu Arah