alexametrics
Sutan Bhatoegana Meninggal

Max Sopacua: Sutan Pendiri Partai Demokrat yang Apa Adanya

19 November 2016, 10:15:00 WIB

JawaPos.com – Politikus Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, baru saja meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Bogor Medical Centre (BMC), Sabtu (19/11).

Terlepas dari kasus yang  menjeratnya, Sutan termasuk politisi yang mewarnai kancah politik Indonesia.

"Beliau meninggal dunia pagi tadi pukul 8.00 WIB, saya kira semua orang tahu bahwa dia adalah salah satu dari pendiri Partai Demokrat," ujar mantan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua saat dikonfirmasi, Sabtu (19/11).

Mantan pewarta tersebut menambahkan, mantan Ketua DPP Partai Demokrat tersebut adalah sosok yang selalu ceria. Bahkan rekan-rekan di partai berlogo bintang mercy sering kali dibuat tertawa oleh Sutan.

"Dia apa adanya sangat penggembira, dan suka becanda," katanya.

Sebagaimana diketahui, sebelum meninggal dunia Sutan dirawat di Rumah Sakit (RS) Bogor Medical Centre (BMC), sejak 2 November 2016 lalu. Hari ini, pukul 08.00 WIB, politikus yang dikenal dengan beragam pantunnya itu telah menghadap sang Khalik.

Sebagaimana diketahui, Sutan merupakan terpidana kasus penerimaan suap senilai 140 ribu dolar AS dan gratifikasi berupa 200 ribu dolar AS, 1 unit mobil Toyota Alphard dan 1 unit tanah dan rumah seluas 1.194 meter persegi di kota Medan.

Putusan pengadilan tingkat pertama pada 19 Agustus 2015 memutuskan Sutan divonis selama 10 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 1 tahun kurungan, namun putusan kasasi Mahkamah Agung pada April 2016 memperberat hukuman Sutan menjadi 12 tahun penjara.

Majelis kasasi juga mengabulkan tuntutan jaksa untuk merampas tanah seluas 1.194,38 meter persegi di Medan, Sumatera Utara, dan 1 mobil Toyota Alphard.

Sutan pun sejak Mei 2016 dipindahkan ke Lapas Sukamiskin Bandung

Kesehatan Sutan memang terus menurun. Dari sejumlah foto yang beredar, Sutan sudah tak seperti sebelumnya. Tubuhnya kurus kering. Mukanya yang bulat menjadi tirus lantaran penyakit yang menggerogoti badannya.(cr2/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:

Max Sopacua: Sutan Pendiri Partai Demokrat yang Apa Adanya