alexametrics

Liza Sebut Mediasi Sidang Cerai Ahok Butuh Kejujuran Vero

18 Januari 2018, 08:37:42 WIB

JawaPos.com – Sidang perdana kasus perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Veronica Tan akan digelar 31 Januari nanti. Tetapi sebelumnya, kedua pihak harus siap menghadapi tahap mediasi. Tahap mediasi akan menjadi tahap vital bagi keduanya untuk kembali berdamai di tengah prahara rumah tangga yang sudah di ujung tanduk.

Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie menilai, sebaiknya dalam menghadapi tahap mediasi kedua pasangan datang. Namun, dalam kasus Ahok yang notabene kini tengah berada di dalam bui, Liza menilai ada pebedaan. Jika hanya pihak Vero atau tergugat yang datang, sidang tetap harus dihadapi dengan hati tenang.

“Tahap sidang awal itu pembacaan dakwaan kepada penggugat dan tergugat. Sebelum berlanjut maka akan dilaksanakan proses mediasi. Inti mediasi menyatukan kembali mendamaikan menyatukan jalan tengah,” jelas Liza kepada JawaPos.com, Rabu (18/1).

Liza Sebut Mediasi Sidang Cerai Ahok Butuh Kejujuran Vero
Veronica Tan (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sebab jika hanya diwakilkan pengacara, kata dia, bisa saja terdapat situasi di luar ekspektasi tergugat maupun penggugat. Paling terpenting dalam kasus Ahok-Vero, menurutnya adalah dibutuhkan sikap terus terang dan kejujuran dari Vero.

“Mediasi harus dilakukan dengan kondisi hati tenang. Yang harus disiapkan Bu Vero adalah kejujuran saja sih. Katakan apa yang sebenarnya terjadi misalnya dengan apa yang disangkakan Pak Ahok, jujur mengatakan kok sampai ada kondisi tak nyaman terjadi,” papar Liza.

Apapun kondisinya, kata Liza, Vero harus siap baik menghadapi Ahok ataupun jika diwakilkan pengacara. Vero juga didorong untuk mengeluarkan berbagai pernyataan yang membuatnya kecewa pada suaminya sampai rumah tangga mereka retak.

“Mungkin ada keluhan ibu Vero kepada Pak Ahok, apa yang terjadi misalnya terlalu sibuk politik dan segala macam. Jujur saja,” jelas Liza.

Meski isu perselingkuhan melanda rumah tangga mereka, Liza menegaskan Vero tetap harus menghadapi mediasi dengan hati yang tenang sedamai mungkin. Sikap terbuka dibutuhkan meski nantinya memang kenyataannya akan benar-benar berpisah dan tak bisa lagi dipertahankan.

“Memang kalau diwakilkan pengacara akan beda, karena meski sudah dipersiapkan sedemikian rupa, tetap saja ada hal-hal di luar ekspektasi. Tetapi paling tidak, gontok-gontokan di ruang mediasi itu jangan terjadi, cobalah bersikap terbuka. Jika harus berpisah bisa dengan baik-baik,” tegas Liza.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (ika/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads
Liza Sebut Mediasi Sidang Cerai Ahok Butuh Kejujuran Vero