alexametrics

Didapuk Gantikan Khofifah, Ini Tantangan Idrus Marham di Kemensos

17 Januari 2018, 21:37:53 WIB

JawaPos.com – Penunjukan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial dinilai tepat. Idrus merupakan sosok yang aktif, energik serta memiliki jejaring yang luas.

Penilaian tersebut disampaikan Pengamat Kebijakan Publik, Andrinov Chaniago. Andrinov mengatakan, Idrus merupakan figur sepadan pengganti Khofifah Indar Parawansa.

“Cocok aja kan orangnya berjiwa sosial, aktif, energik dan cepat belajar juga,” kata Andrinof saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (17/1).

Andrinof melihat rekam jejak Idrus, yang malang melintang di dunia politiK, dapat cepat belajar dan langsung bekerja. Walaupun latar belakang dan pengalaman Idrus berbeda dengan jabatannya sebagai Menteri Sosial.

“Kalau politisi kan tahu masalah-masalah sosial, dia juga kan pernah jadi ketua Komite

Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang akrab dengan kegiatan sosial. Tinggal harus ambil pelajaran dari dari Bu Khofifah,” tutur Mantan Menteri PPN/Bappenas itu.

Andrinof berpesan kepada Idrus agar melakukan penguatan pada akurasi data kelompok-kelompok sasaran dalam kegiatan sosial.

Termasuk bersinergi dengan kementerian lembaga lain dengan Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (BNP2K) harus menjadi perhatian ke depan.

Menurutnya, tantangan Idrus ke depan yaitu membuat program lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Ya, melepaskan mereka dari beban beban hidup kesulitan baik karena bencana maupun kondisi kemiskinan, dan juga kelompok yang berkebutuhan khusus,” tutupnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Didapuk Gantikan Khofifah, Ini Tantangan Idrus Marham di Kemensos