alexametrics

Lebih Dekat dengan Vincent Raditya, The Vlogging Pilot

Enggak Boleh Di Pesawat, Pindah Ke Simulator
16 Juni 2019, 09:17:51 WIB

Pilot yang satu ini unik. Tak hanya menerbangkan pesawat komersial, dia juga membagikan seputar dunia penerbangan lewat vlognya. Yang bukan pilot akhirnya bisa tahu sedikit soal penerbangan. Ssst.. dia juga suami dan papa yang sayang keluarga.

IMPIAN Vincent Raditya adalah menjadi pilot, bukan YouTuber. ”Kayaknya keren gitu (jadi pilot, Red), mengendalikan pesawat.” Begitu pikir Vincent waktu masih kecil.

Tapi, awalnya orang tua tidak mendukung dia menjadi pilot. Mereka lebih suka ayah tiga anak itu jadi pengusaha. Karena Vincent teguh, ortu pun luluh. Dia diizinkan masuk ke sebuah sekolah pilot di luar negeri yang enggan dia sebut namanya. Impian itu pun akhirnya bisa diraih pada 2009. ”Pas itu jadi kopilot di salah satu maskapai di Indonesia,” ungkap Vincent kepada Jawa Pos.

Dari profesinya itu, suami Novita Condro Dewi tersebut mulai membagikan hal-hal tentang dunia penerbangan lewat YouTube. Video pertama yang dibuat adalah soal kondisi dan situasi di kokpit saat masih jadi kopilot. Video itu dibuatnya pada 2010. Dia merekamnya dengan kamera ponsel.

Tapi, Vincent kemudian dikecam pihak maskapai. Mereka menilai tindakan merekam atau membawa kamera ke kokpit tidak elok bagi seorang pilot maupun kopilot. ”Saya ditegur, ngapain bawa-bawa kamera ke kokpit. Akhirnya ya sudah lah berhenti dulu,” kenangnya. Dia fokus pada karirnya sebagai pilot dengan jam terbang sangat padat. ”Satu hari bisa lima flight,” lanjutnya.

Hingga akhirnya pada 2014, saat bergabung dengan maskapai Batik Air, Vincent mendapat support untuk ngevlog. Termasuk, membuat video kokpit. Dia kembali getol berbagi seputar dunia penerbangan.

Karena keunikannya itu, subscriber Vincent di kanal YouTube Vincent Raditya melesat. Hingga tadi malam, jumlahnya mencapai 2.708.370 subscriber. Sudah sukses jadi YouTuber, Vincent tetap saja seorang pilot. Dia mengemudikan pesawat sekali atau dua kali dalam seminggu. Masih ada lagi kesibukan lainnya, mengelola bisnis sekolah pilot dan simulator pesawat di Jakarta Utara untuk membantu anak-anak yang ingin jadi pilot seperti dirinya.

Vincent membagikan pengetahuan terkait penerbangan melalui akun YouTube miliknya. (Imam Husein/Jawa Pos)

Dari ngevlog, secara materi, banyak yang Vincent dapatkan. Rutin upload video selama 7 bulan, dia bisa membeli pesawat pribadi yang sering dipakainya buat bikin video. Video yang banyak ditunggu adalah saat pria 34 tahun itu mengajak selebriti atau sesama content creator buat kolaborasi di pesawatnya itu. Salah satunya saat dia mengajak Master Limbad melakukan prosedur zero gravity. Saking kagetnya, Master Limbad -yang membangun image sebagai pesulap yang tidak bersuara dan berbicara- teriak kencang. Videonya viral, Vincent pun semakin terkenal.

Sayang, video itu juga menjadi batu sandungan buatnya. Dia dikritik lantaran zero gravity dinilai berbahaya. Gara-gara masalah tersebut, izin menerbangkan pesawat pribadinya dicabut Kemenhub. Alhasil, untuk saat ini, dia vakum ngevlog di pesawat. ”Ya sudah lah, nggak apa-apa. Yang penting saya masih bisa nerbangin pesawat komersial,” katanya legawa.

Vincent pun tak habis akal. Tak bisa ngevlog di pesawat, dia menggunakan simulator pesawat miliknya. Masih kolaborasi juga dengan YouTuber lain. ”Ada banyak cara kok untuk berkarya,” ucapnya.

Menanti Anak Ke-4

Di balik kesuksesan Vincent Raditya, ada sosok yang selalu sabar mendukungnya. Dia adalah Novita Condro Dewi, perempuan asal Surabaya yang ditemui Vincent saat menerbangkan pesawat dari Denpasar ke Jakarta. Novita yang duduk di bangku pesawat paling depan diajak Vincent berkenalan. ”Terus berlanjut. Dari pacaran sampai menikah,” ungkap Vincent mengenang pertemuan dengan sang istri.

Sama seperti pekerjaan Vincent yang sering bepergian, Novita pun punya hobi serupa. Traveling alias sering budhal (pergi, dalam bahasa Jawa). Vincent mengungkapkan, Novita sering sekali mengatakan budhal kalau hendak bepergian. ”Makanya, panggilan sayang saya ke dia itu Bud. Kependekan dari budhal haha,” ucapnya.

SUPPORT SYSTEM: Vincent Raditya bersama Novita Condro Dewi dan Dexter, buah hati ketiga. Quality time bareng keluarga, Vincent biasanya mengajak mereka liburan. (Instagram Vincent Raditya)

Novita sangat mengerti profesi sang suami yang harus jauh dari keluarga. ”Saya bisa jauh dari dia, tapi hati saya selalu ada di dekat dia kok,” kata Vincent.

Sebentar lagi, ketika anak keempat lahir, rumah Vincent-Novita bakal semakin ramai. Verrill, 12; Vilove, 11; dan si Dexter, 1; bakal punya adik. Sebagai papa, Vincent ogah jadi otoriter. Jika dulu keluarganya membatasi pilihan karir Vincent, dia ingin lebih terbuka dan bebas pada anak-anaknya. ”Yang paling penting sih saya mau mereka nggak jadi orang sombong. Semua harta saat ini adalah titipan,” ucapnya berpesan.

TRIVIA

LIMA PERSIAPAN SEBELUM TERBANG

– Memeriksa kondisi cuaca.

– Mengecek kelengkapan penerbangan. Misalnya, lisensi terbang dan tas pilot.

– Membersihkan peranti di kokpit. Mulai setir pesawat hingga tombol-tombol.

– Menyediakan baju ganti. ”Kalau harus stay di suatu tempat untuk beberapa hari, saya harus ada baju ganti,” katanya.

– Brifing pramugari.

VINCENT DAN KELUARGA

– Ngobrol adalah cara Vincent dan istri menikmati waktu berdua. Mereka kerap membahas soal medsos. Novita juga ikut memberikan masukan untuk konten sang suami.

– Mengajak liburan atau jalan-jalan ke luar negeri.

– Mengenalkan anak kepada dunia penerbangan. Misalnya, mengajak mereka melihat pesawat pribadi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : len/c17/c15/jan



Close Ads