alexametrics

Aksi Teror Libatkan Anak-anak, Begini Komentar Anang Hermansyah

16 Mei 2018, 13:23:55 WIB

JawaPos.com – ‎Aksi teror yang terjadi di Surabaya yang melibatkan anak usia pelajar memukul dunia pendidikan di Indonesia. Harus ada koreksi dalam sistem pembelajaran kepada anak didik.

Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah mengaku prihatin aksi pengeboman di Surabaya yang melibatkan anak-anak usia sekolah. “Ini pukulan telak bagi dunia pendidikan kita,” ujar Anang saat dihubungi, Rabu (16/5).

Menurut Anang, pemerintah harus semakin menguatkan pendidikan karakter pada anak didik. Mengenai penguatan pendidikan karakter ini, pemerintah telah mengeluarkan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

“Sekolah tidak hanya dimaknai belajar ilmu, mengejar nilai, namun lebih dari itu menguatkan karakter anak didik. Menumbuhkan rasa empati, gotong royong, dan kepedulian. Ini nilai yang harus ditanamkan bagi anak didik,” katanya.

Selain itu, Anang juga menyoroti hubungan antara pihak sekolah dan wali siswa. Menurut dia, hubungan antara pihak sekolah dan wali siswa harus terbangun dengan baik.

Dengan adanya pola komunikasi yang baik, kata Anang, pihak sekolah akan memgetahui kondisi dan latar belakang siswa dan wali siswa. “Hubungan pihak sekolah dengan wali siswa mestinya terbangun dengan baik. Setidaknya masalah di rumah siswa akan diketahui pihak sekolah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan bahwa serangan bom bunuh diri tiga geraja di Surabaya, Jawa Timur dilakukan oleh pasangan suami-istri, Dita Supriyanto dan Puji Kuswati.

Dalam aksinya itu, ada empat anak yang dibawa serta menjadi korban. Tiga di antaranya masih di bawah umur.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (gwn/JPC)

Aksi Teror Libatkan Anak-anak, Begini Komentar Anang Hermansyah