alexametrics

Menyentuh! Pesan Sri Mulyani Kepada Mahasiswa Penerima Beasiswa Negara

16 Maret 2019, 08:48:00 WIB

JawaPos.com – Pemerintah lewat Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) terus menggelontor  dana untuk membantu mahasiwa Indonesiamenyelesaikan study-nya. Program beasiswa bagi mahasiwa berprestasi ini diharapkan bisa membantu anak-anak dengan kemampuan lebih bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan  para lulusan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan mata rantai dalam pembangunan Indonesia di masa depan. Ia pun  meminta agar mereka tidak mengkhianati negara mereka sendiri.

“Anda merupakan mata rantai yang tidak terputus untuk menjaga negara. Jadi, jangan khianati Republik Indonesia,” ujarnya di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3).

Menyentuh! Pesan Sri Mulyani Kepada Mahasiswa Penerima Beasiswa Negara
Sarasehan para alumni penerima beasiswaLembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (HANA ADI/JAWAPOS.COM)

Dalam kesempatan itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga meminta ke penerima LPDP, baik awardee maupun alumni agar lebih menunjukkan rasa cintanya kepada Tanah Air. Menurut dia, salah satu caranya adalah dengan pengabdian dalam bentuk kerja keras, pemikiran maupun prestasi.

“Dan, yang paling penting, berikan hati anda hanya untuk Indonesia,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, program LPDP yang diluncurkan sejak tujuh silam telah membantu memberikan bea siswa kepada 20.255 mahasiswa hingga saat ini. Dari jumlah itu, sebanyak 7.108 penerima beasiswa telah menjadi alumni, 3.266 masih dalam proses menunggu keberangkatan, dan sebanyak 9.881 sedang dalam masa belajar di universitas masing-masing.

Adapun dari total penerima beasiswa LPDP, sebanyak 7.137 mahasiswa atau 35,3 persen merupakan peserta beasiswa afirmasi. Yakni beasiswa yang mencakup program bidik misi, beasiswa santri, beasiswa daerah tertinggal dan terluar, hingga beasiswa afirmasi di Indonesia bagian Timur.

Ke depannya, pemerintah terus berkomitmen memperkuat SDM dalam negeri dengan menciptakan dana-dana yang bisa dikelola untuk kepentingan tersebut.

“Kami akan terus berusaha menciptakan dana yang bisa digunakan oleh generasi yang akan datang karena sifatnya dana abadi,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi

Menyentuh! Pesan Sri Mulyani Kepada Mahasiswa Penerima Beasiswa Negara