alexametrics

Menteri Susi Bingung, Kapal Tanker Tak Bertuan

15 Oktober 2015, 17:25:00 WIB

JawaPos.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merasa ada kejanggalan dengan dua kapal tanker besar yang ditangkap di perairan Indonesia. Pasalnya, kapal dengan ukuran ribuan gross tonnage (GT) tidak diketahui siapa pemilik dan sengaja dibiarkan di laut.

"Banyak hal aneh-aneh, barang segede begitu saja (kapal tanker) 3.500 GT tapi tidak ada pemilik dan tidak ada yang ngaku, ditinggalkan begitu saja, dan bersandar di dermaga kita," ujar Susi di kantornya, Kamis (15/10).

Dua kapal tanker besar ini ditemukan di perairan Tarempa Anambas, Kepulauan Riau dan Dermaga Parigi Ranai. Dengan temuan seperti ini, Menteri Susi mengaku sudah membuat analisis hukum terhadap pelanggaran yang dilakukan MT Galuh Pusaka dan MT Mascot II.

"MT Galuh pusaka merupakan kapal tanker besi yang ditemukan di Kepulauan Riau pada 20 juni 2014, dalam keadaan tanpa awak ruang mesin sudah tidak berfungsi,"jelas Susi.

Sedangkan kapal tanker MT Mascott II yang ditangkap di laut China Selatan membawa BBM jenis solar sebanyak 253 ton tanpa dilengkapi dokumen yang sah. (tny/JPG)

Editor : idham



Close Ads
Menteri Susi Bingung, Kapal Tanker Tak Bertuan