alexametrics

Bantah Pakai Bus Jelek Buat Mudik, Kemenhub: Kami Gunakan yang Premium

15 Mei 2018, 17:05:05 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memperluas fasilitas mudik bareng bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran tahun ini. Kementerian Perhubungan membantah bus yang digunakan untuk mudik gratis 2018 tidak menjamin keselamatan para penumpang. Mereka kemudian menyanggah tuduhan tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi mengatakan, pihaknya justru menggunakan bus kelas premium untuk program mudik gratis tersebut. Menurutnya, hal itu menjamin jika program tahunan itu tidak asal-asalan dilakukan pemerintah.

“Ada image busnya tidak bagus dan tidak menjamin. Mobil yang dipakai bukan ekonomi tapi yang premium atau pariwisata. Jadi secara fisik dan kelayakan jalan terjamin oleh kita,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (15/5).

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri serta Dinas Perhubungan kabupaten/kota dalam menjamin bus yang digunakan sebagai angkutan penumpang. “Kita punya 90 ribu bus tanggung jawab yang kita pastikan untuk bisa jalan,” tuturnya.

Disamping itu, Kemenhub bersama sejumlah perusahaan swasta telah melakukan kerja sama dalam melaksanakan program mudik gratis. Pihaknya juga akan menjamin keselamatan angkutan penumpang dengan melakukan ramp check kepada bus yang akan digunakan untuk mudik.

“Kemudian mudik gratis selain oleh BUMN kita melakukan koordinasi/kerja sama dengan swasta ini ada Astra, XL, Indomaret dan Alfamart itu cukup banyak. Selain mengangkut dari pegawai tapi juga masyarakat,” tandasnya. 

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)



Close Ads
Bantah Pakai Bus Jelek Buat Mudik, Kemenhub: Kami Gunakan yang Premium