alexametrics

Anggarkan Rp 34 T, Keluarga Miskin Dijatah PKH Rp 10,2 Juta per Tahun

14 Desember 2018, 18:10:53 WIB

JawaPos.com – Pemerintah menaikkan jumlah bantuan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang masuk program keluarga harapan (PKH). Selain bantuan flat, juga disediakan komponen tambahan. Dengan skema baru tersebut, setiap keluarga bisa menerima bantuan senilai maksimal Rp 10,2 juta per tahun.

Angka tersebut didapat jika penerima bantuan masuk PKH akses yang memperoleh dana flat Rp 1 juta per tahun. Juga, di keluarga itu terdapat ibu hamil atau balita yang mendapat komponen tambahan Rp 2,4 juta. Selain itu, ada anak sekolah tingkat SMA yang dibantu Rp 2 juta dan penyandang disabilitas berat yang mendapat Rp 2,4 juta. Juga, lansia yang berusia di atas 60 tahun mendapat Rp 2,4 juta.

Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan, besarnya kenaikan dana PKH menunjukkan komitmen pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Karena itu, alokasi anggaran naik dari Rp 19 triliun menjadi Rp 34 triliun. Cakupan program tersebut juga bertambah dari 6 juta menjadi 10 juta keluarga penerima.

Anggarkan Rp 34 T, Keluarga Miskin Dijatah PKH Rp 10,2 Juta per Tahun
Warga miskin di Kota Serang, Banten, mengantre menunggu pembagian bantuan PKH beberapa waktu lalu. (Dziki Oktomauliyadi/Banten Pos/Jawa Pos Group)

Agar bantuan dengan skema baru tersebut tepat sasaran, pemerintah sudah meminta petugas pendamping PKH untuk memvalidasi data setiap KPM.

“Pendamping yang bisa memastikan bersama dengan pemerintah daerah sampai kepala desa melakukan verifikasi,” ujarnya di istana kepresidenan (13/12).

Agus menuturkan, secara umum, daftar penerima KPM akan sama. Pemutakhiran data akan dilakukan terhadap keluarga yang sudah naik ke kelas sejahtera, meninggal, atau mengalami perubahan status. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (far/c11/agm)


Close Ads
Anggarkan Rp 34 T, Keluarga Miskin Dijatah PKH Rp 10,2 Juta per Tahun