alexametrics

Selip Lidah Menkes Nila yang Bikin Dokter Tersinggung

14 November 2015, 17:52:00 WIB

JawaPos.com JAKARTA – Pejabat tinggi negara seharusnya lebih berhati-hati dalam memberikan komentar atas masalah sensitif dan terjadi dalam suasana duka.

Peringatan itu perlu disampaikan terkait dengan munculnya pernyataan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek soal status dokter internship (magang) yang kurang tepat, Jumat (13/11).

Pernyataannya langsung menjadi pusat perhatian kalangan pekerja medis.

Sebab, mereka baru saja berduka atas meninggalnya dokter Dionisius Giri Samudra atau akrab disapa dokter Andra, yang sedang mengikuti program internship di Kepulauan Aru, Maluku

Dokter Andra yang sedang terserang campak komplikasi radang otak itu gagal diselamatkan karena fasilitas pengobatan dan trans­portasi di lokasi magang sangat minim.

Selip lidah oleh Menkes Nila F. Moeloek terjadi di sebuah sesi wawancara televisi Kamis (12/11). Dalam kesempatan itu, Nila menyatakan bahwa dokter internship atau magang merupakan mahasiswa dan tidak berada di bawah wewenang Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Jadi, ini kan (dokter Andra) mahasiswa. Kalau dia sakit, kan seperti anak sekolah, kan dia gak bisa melanjutkan. Nah, apakah karena itu (program magang, Red) harus disetop?" ujar Nila.

Pernyataan yang kemudian banyak tersebar di media sosial tersebut membuat para dokter kecewa. Itu juga menjadi pukulan berat bagi profesi kedokteran.

Para dokter internship merasa tak diindahkan karena tidak diakui Menkes. Sebab, sejatinya, mereka yang tengah menjalani program itu telah mengantongi gelar dokter.

Bahkan, sumpah mereka untuk membaktikan hidup guna kepentingan perikemanusiaan juga telah diambil.

Selain itu, program magang tersebut jelas berada di bawah bimbingan Kemenkes. Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Dokter.

Kemudian, diperkuat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 299 Tahun 2010 tentang Program Intership dan Penempatan Dokter Pasca-Internship. (mia/lus/c5/c10/kim)

Editor : arwan



Close Ads
Selip Lidah Menkes Nila yang Bikin Dokter Tersinggung