alexametrics

Libur Panjang, Pengguna Jalan Tol Diimbau Siapkan E-Money

13 Desember 2017, 17:57:58 WIB

JawaPos.com – Program pembayaran tol nontunai sudah resmi berlaku sejak 31 Oktober 2017 lalu. Namun, masih saja ada pengguna jalan tol yang belum memenuhi kewajibannya untuk memiliki uang elektronik atau e-money.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta agar kewajiban itu segera dipenuhi dalam rangka menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru. Dirinya tidak ingin kebaikan pemerintah diabaikan.

“Kemudian (pembayaran) nontunai, itu bagus tapi kadang-kadang ada pengendara yang (sengaja) tidak membawa nontunai,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/12).

Meski demikian, lanjut Budi, pihaknya bersama pengelola jalan tol tetap menyiapkan petugas di beberapa pintu tol untuk membantu pengguna jalan yang kesulitan melakukan transaksi di pintu masuk. Petugas itu akan berjaga selama 24 jam penuh selama masa libur panjang.

Menhub juga meminta Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi untuk terus melakukan pengamatan di beberapa ruas tol. Hal itu dilakukan sebagai bentuk evaluasi yang nantinya akan digunakan untuk mengantisipasi permasalahan di jalan tol ketika libur panjang.

“Saya memang menugaskan khusus, di setiap gerbang itu ada petugas yang memegang kartu, sehingga lewat ternyata nggak bawa dia membayar orang itu jadi bisa dibantu,” terangnya.

“Tentang nontunai ini saya minta Dirjen Darat untuk melihat lagi apa kemungkinan yang terjadi niatnya baik tapi disalahgunakan,” pungkasnya. 

Editor : admin

Reporter : (ce1/hap/JPC)



Close Ads
Libur Panjang, Pengguna Jalan Tol Diimbau Siapkan E-Money