alexametrics

Kemenkes Sempat Siapkan Helikopter Untuk Evakuasi Andra, Tapi…

13 November 2015, 16:53:00 WIB

JawaPos.com – Penyebab meninggalnya dokter internship atau magang, ‎Dionisius Giri Samudra saat bertugas, diduga karena lambatnya penanganan medis akibat keterbatasan transportasi di wilayah Kepulauan Aru.

Namun, hal tersebut langsung ditepis oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. ‎Dia mengatakan, kondisi dokter yang dikenal Andra itu memang tidak memungkinkan untuk dievakuasi.

"Sebab, kondisi umumnya begitu drop. Itu saran dari dokter spesialis yang ada di sana (untuk tidak dievakuasi)," ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat, (13/11).

Dia menambahkan, ‎keputusan dokter spesialis itu dipenuhi oleh Bupati Aru. "Sebab, kata dokter spesialis kalau tetap dievakuasi maka Bupati Aru yang bertanggung jawab jika di tengah jalan terjadi sesuatu dengan Andra. Bupati tidak menginginkan hal itu," jelasnya.

Oleh karena itu, dia memaparkan, bukan karena transportasi dan lambatnya penanganan yang tidak memadai yang mengakibatkan  Andra bisa meninggal.
"Kami selalu mengirim dokter internship ke daerah yang memang memiliki sarana dan prasarana yang cukup. Dokter spesialis dan fasilitasnya lengkap," akunya.

Terpisah, senada, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kementerian Kesehatan (PPS Kemenkes) Usman Sumantri mengatakan, meninggalnya Andra bukan dikarenakan keterbatasan transportasi. "Justru, satu hari sebelum Andra meninggal, kami sudah siapkan transportasi seperti helikopter tapi perizinannya sulit," ucapnya.

Dia menambahkan, kondisi umum Andra tidak layak untuk evakuasi saat itu."Kata dokter spesialisnya, kondisi umum Andra sangat berbahaya kalau dipaksakan dievakuasi melalui jalur udara, laut, dan darat," ucapnya.

Ketika ditanya mengenai langkah yang harus ‎diambil agar tidak ada lagi dokter internship yang meninggal saat bertugas, pihaknya berkelit. "Ya, bagaimana itu sudah takdir. Kami sudah berusaha. Dan setiap pekerjaan pasti ada resiko, sama halnya seperti wartawan," tandasnya kepada sejumlah awak media. (rka/JPG)

 

Editor : afni



Close Ads
Kemenkes Sempat Siapkan Helikopter Untuk Evakuasi Andra, Tapi...