alexametrics

GERMAS Jadi Tema Besar Hari Kesehatan Nasional

12 November 2017, 09:09:48 WIB

JawaPos.com – Semua masyarakat di era modern dituntut hidup sehat dan aktif dengan tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Dalam momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dipusatkan dalam rangkaian acara Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) di Jakarta, Kementerian Kesehatan menekankan sosialisasi pentingnya GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Kunci mewujudkan kemajuan suatu bangsa adalah melalui kesehatan dan pendidikan. Sebelumnya, masyarakat gencar digalakkan kampanye Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kini Kementerian Kesehatan memiliki kampanye GERMAS. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menjabarkan GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Dalam laman akun resmi Twitter Kemenkes, GERMAS dalam HKN dirayakan pada Minggu (12/11) dengan karnaval, senam bersama, bazar ikan buah dan sayur, serta deteksi dini. Kembalikan kehidupan masyarakat sehat dengan GERMAS. Bisa dilakukan dengan cara sederhana, dari diri sendiri dan keluarga.

Misalnya dengan melakukan aktivitas fisik salah satunya dengan menggunakan transportasi umum lalu berjalan kaki. Kemudian dengan makan ikan, buah, dan sayur bisa memberikan vitamin, mineral, dan kaya serat. Makan sayur dan buah dapat membuat tubuh sehat, bugar, dan produktif.

Kemudian sebanyak 30 persen masyarakat yang sakit selama ini dibantu dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan secara berjenjang. Masyarakat juga wajib memahami deteksi dini penyakit menular dan tak menular.

Sementara itu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dari sisi profesi mendukung pelayanan kesehatan di Indonesia menjadi lebih baik. Terutama dari segi pelaksanaan mutu, pelayanan kesehatan, promotif, preventif, dan kuratif sesuai standar mutu.

“Pelayanan primer dan sekunder di rumah sakit juga harus lebih baik. Harus melihat aspek-aspek yang kurang diperbaiki secara komprehensif,” tegas Sekretaris Jenderal IDI Moh Adib Khumaidi. 

Editor : admin

Reporter : (ika/JPC)


Close Ads
GERMAS Jadi Tema Besar Hari Kesehatan Nasional