alexametrics

Evaluasi Arus Mudik Lebaran, Menteri PUPR Soroti Parkir Rest Area Tol

12 Juni 2019, 16:35:10 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 telah selesai dilaksanakan. Meski kendaraan yang mudik pada tahun ini meningkat, lalu lintas arus mudik relatif lancar sampai H+6 lebaran. Total 1,21 juta kendaraan yang melakukan perjalanan mudik pada lebaran kali ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kelancaran arus mudik itu tak terlepas dari kesiapan infrastruktur jalan yang mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2019. Kendati demikian, persoalan rest area masih menjadi momok setiap tahun pelaksanaan mudik lebaran.

Atas dasar itu, Basuki mengatakan bahwa pemerintah akan mengubah desain parkir di tempat peristirahatan. Hal itu dilakukan demi mengakomodasi pemudik yang ingin beristirahat di sela perjalanan mudik atau balik.

“Desain parkir lebih disiapkan khusus, tidak menyebar di semua ruang rest area. Perilaku pengendara umumnya misalnya jika ingin ke toilet, maka parkirnya juga harus dekat dengan toilet sehingga menumpuk. Untuk itu akan kita coba atur agar parkir kendaraan di rest area agak jauh dari pertokoan sehingga lebih teratur,” kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (12/6).

Di samping itu, kata Basuki, pihaknya juga akan mengevaluasi posisi ruas jalan tol antar kota yang terlalu dekat dengan pinggir jalan. Pasalnya letak rest area itu kerap menimbulkan kemacetan.

“Akan lebih baik jika desainnya menjorok ke dalam, terutama untuk jalan tol antar kota yang masih memungkinkan ketersediaan lahannya. Terlebih dengan rencana Kementerian Perhubungan yang akan memanfaatkan rest area sebagai terminal tol, maka dibutuhkan desain khusus agar tidak menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Dok.Biro Komunikasi Kementerian PUPR)

Namun, Basuki juga meminta dukungan perilaku pengendara dalam menggunakan rest area agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti beberapa kasus pada arus balik dan mudik lebaran. Seberapa banyak pun rest area, tidak akan cukup menampung dengan kondisi eksisting seperti lebaran lalu.

“Sebagai ilustrasi, rest area di Palimanan dan Kalikangkung. Kondisi normal menampung 17 ribu kendaraan, namun pada saat mudik kemarin naik 4 kali lipat jadi 68 ribu kendaraan. Penerapan kebijakan satu arah yang memungkinkan penggunaan rest area di kedua sisi, juga tidak bisa menampung seluruhnya pemudik ingin masuk rest area,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads