alexametrics

Evakuasi Lion Air Ditutup, Pencarian CVR Black Box Tetap Dilanjutkan

10 November 2018, 18:30:32 WIB

JawaPos.com – Operasi SAR gabungan dalam upaya evakuasi pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat telah resmi ditutup hari ini, Sabtu (10/11). Namun, Cockpit Voice Recorder (CVR) black box sampai detik ini belum juga ditemukan.

Terkait itu, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan pencarian CVR meski operasi SAR telah ditutup. KNKT akan mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin untuk menemukannya.

“Tim kami akan tetap mencari black box semampu kami,” ujar Soerjanto di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/11).

Soerjanto pun belum bisa memastikan pencarian CVR akan dilakukan sampai kapan. Selain itu, pencarian CVR juga memakan biaya cukup tinggi. Mengingat peralatan yang digunakan untuk mendeteksi sinyalnya bukan barang murah.

“Kami belum tahu sampai kapan pencarian ini bisa kami lakukan, tentunya kami juga harus nantinya berpikir masalah biaya, karena biaya pencarian black box ini cukup masif,” imbuhnya.

Meski demikian, Soerjanto menegaskan bahwa alat-alat terbaik akan tetap dikerahkan untuk mencari CVR. Pasalnya komponen kedua black box ini sangat dibutuhkan dalam mengungkap jatuhnya Lion Air JT-610.

Dalam pencarian lanjutan ini, setidaknya ada 4 kapal yang akan dikerahkan. Yakni Baruna Jaya, kapal pengangkut ROV beserta penyelam, kemudian saru kapal tungkang untuk menampung serpihan pesawat jika kembali ditemukan, serta bantuan beberapa speedboat.

“Kurang lebih ada empat kapal yang terlibat beserta juga speedboat kecil. Yang kebetulan dari Basarnas juga sudah mendukung,” pungkas Soerjanto.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Evakuasi Lion Air Ditutup, Pencarian CVR Black Box Tetap Dilanjutkan