alexametrics

Menaker Khawatir Pemuda Ikut Menambah Jumlah Penganggur

10 Mei 2019, 00:39:25 WIB

JawaPos.com – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menaruh harapan pada organisasi kepemudaan untuk ikut mengatasi angka penganggur. Dia khawatir para pemuda saat ini ikut menambah angka pengangguran.

“Saya memiliki harapan besar kepada KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda untuk berperan serta dalam membantu kami menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia,” ujar Hanif dalam keterangan persnya, Kamis (9/5).

Harapan itu dikemukakan Hanif Dhakiri kepada Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Noer Fajrieansyah. Sebelumnya Noer Fajrieansyah melakukan pertemuan dengan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Pertemuan itu membahas kerja sama strategis antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan KNPI.

Lebih jauh politikus PKB itu menyebut, Indonesia dengan negara luar memiliki perbedaan signifikan terkait jumlah penduduk usia muda. “Hal itu menjadi tantangan besar bagi kami untuk mampu menekan tingkat pengangguran. Bila ini tidak di-manage dengan baik, maka akan menjadi ancaman bagi negara,” tutur hanif.

“Hal yang sangat berbahaya bagi negara itu adalah anak muda yang pengangguran,” ujarnya menambahkan.

Menaker Hanif Dhakiri saat bertemu dengan Ketua Umum KNPI Noer Fajrieansyah. (istimewa)

Dalam kesempatan itu Noer Fajrieansyah menyatakan, KNPI sanggup menjadi mitra mitra strategis Kemenaker dalam menurunkan tingkat pengangguran, khususnya untuk tingkat anak muda. “KNPI siap men-support Kemenaker untuk berperan serta menurunkan tingkat penganggur,” ujar Fajrie.

Dikatakannya, KNPI sebagai wadah berhimpun organisasi kepemudaan di Indonesia memiliki jajaran pengurus aktif baik. Mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan. Semuanya memiliki struktur aktif, kantor yang terbuka bagi semua anak muda.

“Bayangkan bila kemenaker mampu mensosialisasikan programnya kepada anggota kami, saya percaya kita bisa mengurangi jumlah penganggur di tingkat pemuda secara signifikan.”

Editor : Ilham Safutra


Close Ads