alexametrics

Libur Lebaran, Penumpang MRT Tembus 84 Ribu Orang

8 Juni 2019, 13:06:26 WIB

JawaPos.com – Tingginya minat dan antusias masyarakat memilih moda transportasi massal Moda Raya Terpadu (MRT) selama libur Lebaran membuat jumlah penumpang melonjak. Terakhir, catatan manajemen MRT pada Jumat (7/6), tercatat ada 84 ribu penumpang selama libur Lebaran.

Corporate Secretary Muhammad Kamaludin menjelaskan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada Jumat (7/6) yakni 84 ribu. Jumlah itu bertambah sedikit dibanding hari sebelumnya yakni 83 ribu pada Kamis (6/6). Dan diprediksi akhir pekan akan bertambah jumlahnya.

“Jumlah penumpang kemarin (7 Juni) 84 ribu dalam sehari,” tegas Kamaluddin kepada JawaPos.com, Sabtu (8/6).

Sedangkan pada 3 Juni 2019, tercatat lonjakan penumpang mulai terjadi di angka 62 ribu orang. Jumlah itu terjadi sebelum libur Lebaran di mana banyak masyarakat memanfaatkan MRT sebagai transportasi untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.

Ilustrasi Moda Transportasi Massal MRT Jakarta (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

Kemudian jumlahnya semakin turun pada H-1 Lebaran dan pada Hari 1 Lebaran. Pada 4 Juni 2019 tercatat ada 58 ribu penumpang. Kemudian pada Hari 1 Lebaran tercatat ada 48 ribu penumpang.

“Pada 5 Juni di pagi harinya penumpang masih jarang karena masih salat Idul Fitri, baru ramai siang dan sore,” katanya.

Salah satu warga Cilandak, Linda, memutuskan untuk menggunakan MRT untuk berjalan-jalan dan berbelanja ke Grand Indonesia. Menurutnya lebih praktis dan menghindari macet atau parkir.

“Kebetulan saya enggak mudik jadi lebih simple ajak keluarga naik MRT. Takutnya libur Lebaran begini parkiran mal kan penuh ya, lebih baik naik MRT,” ujarnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani