alexametrics

Kebijakan Penutupan Rest Area Jalan Tol Japek Diganti Buka Tutup

8 Juni 2019, 17:45:00 WIB

JawaPos.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencabut kebijakan penutupan empat rest area di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Jakarta pada arus balik lebaran 2019. Pencabutan itu berdasarkan usulan dari para pemangku kepentingan dan diskersi kepolisian selaku pengamanan lalu lintas.

Diketahui sebelumnya, Jasa Marga telah memutuskan untuk menutup ruas jalan Kilometer (KM) 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B dari pukul 12.00 sampai dengan 24.00 WIB untuk mengurai kemacetan. Namun, kebijakan itu diganti dengan rekayasa buka tutup rest area secara situasional.

“PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan mempertimbangkan masukan dari para stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi Kepolisian tidak akan menutup rest area secara penuh,” kata Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti dalam keterangannya, Sabtu (8/6).

Adapun rekayasa buka tutup rest area ini adalah tindak lanjut dari hasil Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik pada hari pertama. Rapat itu dilakukan antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Korlantas RI, dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Selain itu, rapat itu juga dihadiri oleh kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Kepala Biro Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, yang berlangsung pagi ini (8/6) di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Kakorlantas Polri Refdi Andri mengatakan, Kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Tidak hanya itu, Kepolisian pun akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarang di bahu jalan untuk mengakses rest area, sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” jelasnya.

Lalu lintas di tol Cikampek arah Jakarta sekitar KM 52, saat arus balik Lebaran 2019, Sabtu (8/6). (Ilham Safutra/JawaPos.com)

Kendati rekayasa buka tutup rest area dilakukan secara situasional, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung.

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelasnya.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

Pantauan JawaPos.com, pada sekitar pukul 17.00 WIB, diberlakukan satu arah atau one way di tol Cikampek menuju Jakarta. Sementara itu, rest area KM 52 ditutup.

Penutupan rest area KM 52 ini cukup menyebabkan penumpukan kendaraan di pinggir jalan tol sekitar rest area. “Tetapi, setelah rest area KM 52, lalulintas lancar,” kata Nufi, salah seorang warga yang melintas tol Cikampek kepada JawaPos.com.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim