alexametrics

Kesulitan Registrasi SIM Card? Nih Tips dari Menkominfo

8 Februari 2018, 02:10:01 WIB

JawaPos.com – Masyarakat yang menggunakan SIM Prabayar diminta untuk segera melakukan registrasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan, hingga Jumat (2/2) kemarin, ada sekitar 181 juta yang sudah meregistrasi.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, angka tersebut akan terus bertambah mengingat masih banyak pengguna yang belum meregistrasikan kartu SIM prabayar.

Diantara tujuan registrasi ulang kartu SIM Prabayar, kata Rudiantara, untuk memudahkan deteksi segala bentuk kejahatan seperti penipuan yang menggunakan pesan singkat, baik kasus pengundian palsu maupun mama minta pulsa.

“Jika ada yang SMS mama minta pulsa, maka nanti akan diketahui siapa pemiliknya. Karena selama ini kita tidak tahu jika tidak meregistrasikannya,” jelasnya.

Terkait banyaknya kendala yang dihadapi para pelanggan saat registrasi ulang, dia mengemukakan agar memberi tanda saja di nomor NIK atau menginputnya per empat digit angka.

“Biasanya banyak yang bingung, karena NIK itu jumlahnya 16 digit. Karena itu, dikasih tanda atau garis saja per empat digit supaya memasukkannya gampang dan tidak bingung,” pungkas Rudiantara.

Adapun waktu registasi SIM Card rencananya ditutup hingga akhir Februari ini. Jika tak mendaftar ulang, pemerintah bakal langsung memblokir nomor tersebut.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (ika/JPC)

Kesulitan Registrasi SIM Card? Nih Tips dari Menkominfo